Bagaimana cara menghilangkan najis ainiyah dan hukmiyah

Posted on

Bagaimana cara menghilangkan najis ainiyah dan hukmiyah

Cara menghilangkan Najis Ainiyah dan Hukmiyah adalah dengan dibasuh menggunakan air mengalir hingga hilanglah wujud, bau, dan rasanya.

Pendahuluan

Najis adalah kotoran yang menyebabkan seseorang tidak dapat beribadah kepada Allah. Berdasarkan cara membersihkannya, najis dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

  1. Najis Mukhaffafah (ringan)
  2. Najis Mutawassithah (pertengahan)
  3. Najis Mughallazhah (berat)

Najis Mutawassithah dapat dibagi lagi menjadi Najis Ainiyah dan Najis Hukmiyah. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas pada pembahasan ya.

Pembahasan

Najis Ainiyah berasal dari kata Aini yang berarti mata. Najis Ainiyah dapat diartikan sebagai najis yang wujudnya dapat dilihat jelas oleh mata. Contohnya adalah darah, air kencing, dan kotoran binatang.

Najis Hukmiyah adalah najis yang wujudnya tidak dapat terlihat jelas, namun diyakini keberadaannya. Contohnya adalah percikan air kencing yang sudah kering.

Seperti sudah dijelaskan di atas, kedua najis tersebut merupakan golongan Najis Mutawassithah yang cara membersihkannya adalah dengan dibasuh menggunakan air mengalir hingga hilanglah wujud, bau, dan rasanya.

Pelajari lebih lanjut

________________________________

Detail Jawaban

Kelas : VII

Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kategori : Bab 5 – Hadas dan Najis

Kode Kategorisasi : 7.14.5

Kata Kunci : najis, ainiyah, mutawassithah, hukmiyah

#TingkatkanPrestasimu

#OptiTeamCompetition