Ikatan antar molekul ikatan antar molekul terdiri dari ikatan Van Der Waals,dan ikatan hidrogen ,antara kelompok senyawa berikut ini yg hanya memiliki ikatan hidrogen adalah

Posted on

Ikatan antar molekul ikatan antar molekul terdiri dari ikatan Van Der Waals,dan ikatan hidrogen ,antara kelompok senyawa berikut ini yg hanya memiliki ikatan hidrogen adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Ikatan antar molekul ikatan antar molekul terdiri dari ikatan Van Der Waals dan ikatan hidrogen ,antara kelompok senyawa berikut ini yg hanya memiliki ikatan hidrogen adalah

Jawaban

senyawa yang memiliki ikatan hidrogen yaitu : C₂H₅OH, NH₄OH, H₂O, HF,CH₃OH, CH₃COOH,  

Penjelasan :  

Ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi antara atom hidrogen dengan atom-atom yang memiliki keelektronegatifan paling besar seperti fluorin (F), oksigen (O) dan nitrogen (N). Perbedaan keelektronegatifan yang sangat besar inilah yang akan menyebabkan elektron atom hidrogen menjadi tertarik sangat kuat ke atom yang lebih elektronegatif.

Ikatan Hidrogen terbagi dua:

  1. Ikatan Hidrogen Intramolekul : Ikatan terjadi antara atom-atom di dalam satu molekul yang sama.
  2. Ikatan Hidrogen Intermolekul : Ikatan terjadi antara molekul yang berbeda

Contoh fenomena interaksi yang terjadi pada air yang mengandung molekul H₂O. Di dalam molekul H₂O terdapat pasangan elektron bebas pada atom oksigen. Pasangan elektron bebas pada atom oksigen ini akan berinteraksi dengan atom hidrogen dari molekul yang berbeda. Keberadaan ikatan hidrogen dalam senyawa akan menyebabkan titik didih senyawanya paling tinggi diantara senyawa lain dalam 1 golongannya.

Ikatan hidrogen sebenarnya merupakan gaya dipol-dipol yang terjadi antara molekul-molekul polar. Namun, ikatan ini dibedakan secara khusus karena kekuatan gaya interaksinya relatif lebih kuat dibanding gaya dipol-dipol umumnya. Hal ini dikarenakan atom hidrogen tidak memiliki elektron inti yang dapat melindungi (shielding) inti atom dan ukurannya cukup kecil sehingga dapat lebih didekati oleh molekul-molekul lain dan jarak antara hidrogen dan muatan parsial negatif pasangan elektron bebas menjadi sangat dekat. Akibatnya, energi interaksi dipol-dipol antara hidrogen dan pasangan elektron bebas pada atom elektronegatif menjadi lebih besar dari energi interaksi dipol-dipol lainnya.

Secara umum, ikatan hidrogen digambarkan sebagai X—H···Y—, di mana X dan Y melambangkan atom sangat elektronegatif (N, O, atau F) dan tiga titik (···) melambangkan ikatan hidrogen. Fragmen X—H biasanya dikenal sebagai donor ikatan hidrogen sebagaimana fragmen X—H memiliki hidrogen yang menjadi bagian dari ikatan hidrogen. Sedangkan, fragmen Y— dikenal sebagai akseptor sebagaimana Y adalah atom elektronegatif dengan pasangan elektron bebas penerima hidrogen yang menjadi bagian dari ikatan hidrogen.

Tetap semangat ya dalam belajar. Semoga jawaban ini bisa membantu. Untuk lebih memahami materi silahkan untuk mempelajari link dibawah ini :  

Detil Tambahan:  

Kelas : X  

Materi : Ikatan Kimia

Kode : 10.7.4.

Kata Kunci : Ikatan Hidrogen