Penyimpangan-penyimpangan masa awal kemerdekaan

Posted on

Penyimpangan-penyimpangan masa awal kemerdekaan

Jawaban Terkonfirmasi

Makna “kemerdekaan” adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan. Penyimpangan-penyimpangan masa awal kemerdekaan

  • Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII).
  • Pemberontakan PKI di Madiun.
  • Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS).
  • Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA).

Pembahasan

Makna kemerdekaan indonesia adalah puncak Perjuangan Bangsa Indonesia. Indonesia yang telah berjuang mati-matian, mulai dari kedatangan belanda sampai pada penjajahan Jepang akhirnya sampai pada puncaknya pada saat proklamasi perjuangan itu dilakukan.

Makna kemerdekaan indonesia adalah sebagai suatu kebebasan. Bangsa Indonesia menyatakan dirinya merdeka dan harus bebas dari segala macam penindasan dan penguasaan asing. Dengan demikian, bangsa Indonesia bebas untuk menentukan nasibnya sendiri, berdaulat dan bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jembatan emas atau jalan menuju masyarakat yang adil, makmur dan juga sejahtera. Dengan demikian, kemerdekaan bukan berarti perjuangan telah selesai tetapi justru baru akan dimulai dengan tantangan yang berbeda.

Kemerdekaan merupakan keadaan suatu bangsa atau negara yang pemerintahannya diatur oleh bangsanya sendiri tanpa intervensi pihak asing. Kemerdekaan suatu negara erat kaitannya dengan kedaulatan terhadap wilayah teritorial negara.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 5

Mapel : PPKN

Bab : peraturan perundang"an

Kode : 5.9.2

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3