tulang ubun-ubun pada seorang bayi ketika baru lahir bersifat lunak, tetapi setelah dewasa berubah menjadi tulang keras. Proses apa yang sebenarnya terjadi? Jelaskan!

Posted on

tulang ubun-ubun pada seorang bayi ketika baru lahir bersifat lunak, tetapi setelah dewasa berubah menjadi tulang keras. Proses apa yang sebenarnya terjadi? Jelaskan!

Jawaban Terkonfirmasi

Perubahan ubun-ubun bayi yang lunak saat baru lahir menjadi keras saat dewasa merupakan proses pembentukan tulang. Pembentukan tulang dimulai sejak janin. Pembentukan tulang di masa itu merupakan pembentukan tulang primer. Tulang yang terbentuk adalah tulang rawan (kartilago), sehingga tulang yang dimiliki masih lunak.

Pembahasan:

Ubun-ubun merupakan bagian dari tulang tengkorak. Fungsi utama tulang tengkorak adalah melindungi otak. Tulang tengkorak terbagi menjadi dua kelompok, yaitu tulang tengkorak bagian kepala dan tulang tengkorak bagian wajah. Bagian-bagian tulang tengkorak bagian kepala saat bayi baru lahir belum menyatu sempurna. Akan tetapi selama pertumbuhan, tulang-tulang tersebut menyatu membentuk tempurung kepala. Persendian atau persambungan antara tulang tersebut disebut dengan sutura. Bagian persendian ini tidak dapat digerakkan, oleh karena itu dikategorikan sebagai sendi sinartrosis.

Saat bayi baru dilahirkan umumnya memiliki sutura-sutura tengkorak lebih lebar. Sutura adalah daerah pembentukan tulang yang aktif selama masa pertumbuhan. Bayi yang baru lahir memiliki sutura-sutura yang tidak bersambungan untuk memungkinkan pertumbuhan otak dan tengkorak. Celah yang diakibatkan oleh tidak menyambungnya sutura pada bayi membentuk titik-titik silang yang dinamakan ubun-ubun (fontanel). Ubun-ubun dan sutura-sutura ini normalnya menutup antara usia 6 hingga 20 bulan.

Pelajari lebih lanjut:

Detil Jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur tulang dan fungsi sendi

Kode: 11.4.4

#AyoBelajar