1.Nama lain spektrum cahaya disebut…

Posted on

a.Komponen warna
b.Sinar
c.Panjang gelombang
d.Dispersi
e.Kromatik
2.Spektrum cahaya mempunyai cepat rambat sebesar….
a 1x10pangkat8
b 3x10pangkat8
c 5x10pangkat8
d 7x10pangkat8
e 9x10pangkat8​

1.Nama lain spektrum cahaya disebut…

Jawaban:

nomer 1 c

Penjelasan:

nomer 2 -Cepat rambat gelombang elektromagnetik besarnya . Nilai ini diperoleh dari persamaan yang berhasil diturunkan Maxwell untuk menghitung cepat rambat gelombang elektromagnetik dalam vakum.

Pembahasan

Baik sebagai gelombang radio hingga cahaya tampak, atau dari ultraviolet hingga sinar gamma, semua jenis gelombang yang termasuk ke dalam spektrum gelombang elektromagnetik memiliki suatu kesamaan besaran, yaitu cepat rambat gelombangnya. Perilaku energi elektromagnetik diatur oleh teori gelombang dasar yang dijelaskan oleh persamaan Maxwell.

Selain mengemukakan hipotesa tentang terjadinya gelombang elektromagnetik, Maxwell juga berhasil menghitung cepat rambat gelombang elektromagnetik dalam vakum yang dilambangkan dengan huruf "c". Berikut persamaan yang berhasil diturunkan Maxwell,

Keterangan

Permeabilitas magnetik vakum

Permitivitas listrik vakum

Substitusikan ke dalam persamaan

Diperoleh lalu dibulatkan agar lebih mudah menjadi

Hasil perhitungan Maxwell ini tepat sama dengan penelitian terhadap pengukuran cepat rambat gelombang elektromagnetik dalam vakum.  

Mengapa panjang gelombang dan frekuensi gelombang elektromagnetik saling berbanding terbalik? Hal ini dikarenakan dari persamaan di mana perkalian panjang gelombang (λ) dan frekuensi (f) selalu tetap sebagai nilai c yang telah dijelaskan di atas.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – brainly.co.id/tugas/2532381#readmore