Wati mengukur meja dengan meteran dan hasil ny 100 cm. Tentukan besaran, nilai, dan satuan dari hasil pengukuran tersebut

Posted on

Wati mengukur meja dengan meteran dan hasil ny 100 cm. Tentukan besaran, nilai, dan satuan dari hasil pengukuran tersebut

Jawab:21

Pada penggaris atau mistar, terdapat garis-garis yang menunjukkan skala pengukuran. Pada umumnya, terdapat dua skala pengukuran pada mistar, yaitu sentimeter (cm) dan inci. Pada skala sentimeter, jarak terdekat antara dua garis panjang yang berhimpit adalah sepuluh kali skala terkecil (milimeter). Skala pengukuran terkecil pada mistar adalah 1 milimeter, sesuai dengan jarak garis terkecil yang terdapat pada skala penggaris.

Mistar atau penggaris pun mempunyai tingkat ketelitian sebesar setengah dari skala terkecil yang dimiliki oleh mistar tersebut, yaitu 0,5 mm atau 0,05 cm.

Perhatikan contoh soal berikut : " Budi mengukur buku gambar dengan menggunakan satuan jengkal. Panjang buku gambar adalah 2 jengkal. Jika satu jengkal panjangnya 10 cm. Berapa panjang buku gambar Budi?"

Pengukuran merupakan suatu kegiatan yang membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan.

Pengukuran panjang pada suatu benda jika menggunakan alat ukur baku yaitu menggunakan penggaris atau mistar.

Berdasarkan soal diatas diketahui bahwa :

– panjang meja adalah 6 jengkal -> p = 6 jengkal

– 1 jengkal adalah 15 cm

Selanjutnya yang ditanyakan pada soal adalah panjang meja belajar Dina.

Untuk mencari panjang meja belajar Dina adalah sebagai berikut :

P = 6 jengkal

1 jengkal = 15 cm

Jadi panjangnya = 6 × 15 cm = 90 cm

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panjang meja belajar Dina adalah 90 cm.