Bagian-bagian rumah lanting

Posted on

Bagian-bagian rumah lanting

Rumah Lanting merupakan salah satu jenis rumah tradisional di Kalimantan Selatan, Indonesia. Rumah ini merupakan tipe rumah terapung, berbahan utama kayu dan bagian bawah bangunannya menggunakan pelampung. Keberadaan Rumah Lanting menjadi salah satu bukti penyikapan manusia terhadap kondisi lingkungannya

1.Atap,Atap yang digunakan pada rumah lanting kebanyakan menggunakan konstruksi atap bentuk pelana. Penggunaannya sesuai dengan rumah lanting yang mengapung, karena atap pelana merupakan konstruksi atap yang ringan dan sederhana.
2.Dinding,Umumnya dinding rumah lanting menggunakan papan lanan yang disusun secara horizontal. Bukaan dibuat dengan melubangi dinding dengan rangka sederhana. Apabila terjadi kerusakan, pergantian material dinding biasanya hanya bersifat menutupi bagian yang rusak.
Pondasi menggunakan tiga jenis bahan, yaitu kayu bulat, bambu, dan drum besi. Penggunaannya dapat berupa variasi dari beberapa bahan tersebut.
3.Pondasi,Material diikat satu sama lain menggunakan besi slink sebagai perkuatan sebelum rangka lantai diletakkan. Rumah lanting yang menggunakan pondasi drum besi biasanya mengarah pada fungsi yang berkembang yaitu sebagai tempat usaha.