Reaksi kimia berikut ini secara lengkap dari asam sulfat ditambah sodium hidroksida

Posted on

Reaksi kimia berikut ini secara lengkap
dari asam sulfat ditambah sodium hidroksida

Jawaban Terkonfirmasi

Reaksi kimi berikut ini secara lengkap dari asam sulfat ditambah sodium hidroksida adalah

Pendahuluan

  • Pengertian Asam dan Basa Menurut Arrhenius

Asam merupakan zat yang bila direaksikan dengan air menghasilkan ion H₃O⁺(ion hidronium) atau ion H⁺. Contoh asam adalah HCl, H₂SO₄, dan lain-lain. Ciri-ciri dari senyawa asam diantaranya adalah rasanya masam (tidak boleh dicoba kecuali makanan atau minuman), bersifat korosif (dapat menyebabkan korosi), dan dapat mengubah lakmus biru menjadi berwarna merah (pH < 7). Berikut adalah contoh reaksi asam HCl dengan air.

HCl(aq) + H₂O(l) → H₃O⁺(aq) + Cl⁻(aq)

atau

HCl(aq) → H⁺(aq) + Cl⁻(aq)

Basa merupakan zat yang bila direaksikan dengan air menghasilkan ion OH⁻ (ion hidroksida). Contoh basa adalah NaOH, Mg(OH)₂, dan lain-lain. Ciri-ciri senyawa basa diantaranya adalah rasa pahit, bersifat korosif, dan dapat mengubah lakmus merah menjadi berwarna biru (pH >7). Berikut adalah contoh reaksi basa NaOH dengan air.

NaOH(aq) → Na⁺(aq) + OH⁻(aq)

  • Reaksi Kimia pada Asam dan Basa
  1. Larutan asam direaksikan dengan logam menghasilkan garam dan gas hidrogen. Contoh: HCl(aq) + Mg(s) → MgCl₂(aq) + H₂(g)
  2. Basa direaksikan dengan Oksida asam (unsur non logam dengan oksigen) menghasilkan garam dan air. Contoh : Ca(OH)₂(aq) + CO₂(g) –> CaCO₃(s) + H₂O(l)
  3. Asam direaksikan dengan oksida basa (unsur logam dengan oksigen) menghasilkan garam dan air. Contoh: HCl(aq) + CaO(s) –> CaCl₂(s) + H₂O(l)
  4. Oksidan basa direaksikan dengan oksida asam menghasilkan garam. Contoh: SO₃(g) + CaO(s) –> CaSO₄(s)
  5. Asam direaksikan dengan basa menghasilkan garam dan air. Contoh H₂SO₄(aq) + NaOH(aq) –> Na₂SO₄(aq) + H₂O(l)

Kesimpulan

Reaksi kimia antara asam sulfat, H₂SO₄, dengan sodium hidroksida, NaOH, menghasilkan garam sodium sulfat dan air dengan persamaan reaksi secara lengkap yaitu:

H₂SO₄(aq) + NaOH(aq) –> Na₂SO₄(aq) + H₂O(l)