Wacana: Seorang guru menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk membuat sebuah materi ajar yang dapat ia gunakan di kelas. Materi ajar ini berbentuk gambar interaktif penuh warna dan gambar. Guru ini memang terbiasa menggunakan komputer dalam proses belajar-mengajarnya. Dalam pengajarannya, guru tersebut mempresentasikan gambar tersebut di depan kelas menggunakan proyektor untuk menjelaskan kaitan gambar tersebut dengan pelajaran. Kemudian mengajak murid untuk berinteraksi dengan gambar di komputer masing-masing. Setelah itu, guru meminta anak-anak untuk duduk dalam kelompok lalu untuk berdiskusi tentang topik yang diajarkan dan diakhir pembelajaran memberikan tugas untuk membuat kesimpulan mereka masing-masing dari apa yang dipelajari dengan menggunakan Microsoft word, sebuah perangkat lunak untuk memproses kata. Pertanyaan : Berdasarkan kasus ini, buatlah kesimpulan tentang dampak positif dan negatif apa saja yang dapat berpengaruh bagi pendidik dan peserta didik menggunakan komputer dalam proses belajarmengajar seperti yang diilustrasikan.

Posted on

Wacana: Seorang bunda PAUD dalam kegiatan hariannya ingin mengenalkan tentang hewan kepada muridnya menggunakan perangkat lunak komputer (software). Membutuhkan waktu yang cukup panjang baginya untuk memutuskan software apa yang dapat dipakai dengan interaktif, manarik dan cocok untuk anak. Pada akhirnya bunda tersebut memilih software berbasis permainan digital bernama Safari Park Adventure, sebuah software terkenal yang berbasis website yang dapat melatih anak-anak belajar mengenali hewan. Bunda tersebut mengakses Safari Park Adventure melalui link yang tersebut dalam cerita di atas melalui link yang sudah disediakan. b) Analisalah software tersebut dengan menggunakan checkklist untuk menyeleksi software yang sesuai dengan perkembangan​

Wacana: Seorang guru menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk membuat sebuah materi ajar yang dapat ia gunakan di kelas. Materi ajar ini berbentuk gambar interaktif penuh warna dan gambar. Guru ini memang terbiasa menggunakan komputer dalam proses belajar-mengajarnya. Dalam pengajarannya, guru tersebut mempresentasikan gambar tersebut di depan kelas menggunakan proyektor untuk menjelaskan kaitan gambar tersebut dengan pelajaran. Kemudian mengajak murid untuk berinteraksi dengan gambar di komputer masing-masing. Setelah itu, guru meminta anak-anak untuk duduk dalam kelompok lalu untuk berdiskusi tentang topik yang diajarkan dan diakhir pembelajaran memberikan tugas untuk membuat kesimpulan mereka masing-masing dari apa yang dipelajari dengan menggunakan Microsoft word, sebuah perangkat lunak untuk memproses kata. Pertanyaan : Berdasarkan kasus ini, buatlah kesimpulan tentang dampak positif dan negatif apa saja yang dapat berpengaruh bagi pendidik dan peserta didik menggunakan komputer dalam proses belajarmengajar seperti yang diilustrasikan.

Jawaban:

NJ j jfihdoysoysysoyosoyzoyyooydxohigzogxigzigzzoygzooyoydyogzggzplg