Terangkan perbedaan masalah dan masalah sosial, berikan contohnya

Posted on

Terangkan perbedaan masalah dan masalah sosial, berikan contohnya

Jawaban Terkonfirmasi

Perbedaan masalah dan masalah sosial terletak pada kata sosial yang mengindikaskan adanya masalah dengan masyarakat, hubungan sosial, struktur sosial, dan organisasi sosial. Sedangkan kata "masalah" mengacu pada kondisi, situasi atau perilaku yang tidak dingingkan, bertentangan, aneh, tidak benar, dan sulit.

Dalam masalah sosial, terdapat dua elemen penting yang terkait dengan definisi masalah sosial ini, yaitu elemen objektif yang menyangkut keberadaan suatu kondisi sosial. Kondisi sosial disadari melalui pengalaman hidup kita, media dan pendidikan. kita bertemu dengan peminta-minta yang terkadang datang ke rumah dan kemiskinan. Kita membaca di berbagai media surat kabar bagaimana orang kehilangan pekerjaannya. Kondisi sosial ini secara objektif berbahaya bagi masyarakat. Kondisi ini benar-benar nyata dan pernah dialami oleh masyarakat.

Elemen lainnya adalah elemen subjektif. elemen ini menyangkut pada keyakinan bahwa kondisi sosial tertentu berbahaya bagi masyarakat dan harus diatasi. Kondisi sosial seperti itu antara lain adalah kejahatan, penyalahgunaan obat dan polusi. Kondisi sosial ini tidak dianggap oleh masyarakat tertentu sebagai masalah sosial tetapi bagi masyarakat yang lain dianggap sebagai kondisi yang mengurangi kualitas hidup manusia.

Berdasarkan dua elemen diatas, masalah sosial dapat didefinisikan sebagai kondisi sosial yang dipandang oleh suatu masyarakat berbahaya bagi anggota masyarakat dan harus diatasi.

Pelajari lebih lanjut Sosiologi kelas 11:

  • Kelas: 11
  • Mapel: Sosiologi
  • Bab: permasalahan sosial dalam masyarakat
  • Kode: 11.20.2

Gambar Jawaban