Bagaimana pendapat kalian dengan munculnya perasaan bahwa budaya yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia?

Posted on

Bagaimana pendapat kalian dengan munculnya perasaan bahwa budaya yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia?

Jawaban Terkonfirmasi

KELAS            = 11
PELAJARAN   = IPS 
KATEGORI      = Menghargai Keberagaman suku bangsa dan budaya
KATA KUNCI   = Kekayaan, budaya daerah, nasional

PEMBAHASAN :
Indonesia memiliki semboyan Bhinneka tunggal ika, yang berarti berbeda beda namun tetap satu. Hal ini sejalan dengan kondisi bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama, kepercayaan, bahasa dan Adat istiadat.

Kondisi bangsa Indonesia yang beraneka ragam ini merupakan kekayaan bagi bangsa Indonesia. Kebudayaan ini memiliki banyak hal positif jika dikembangkan. 

Budaya juga merupakan identitas bagi bangsa Indonesia, sehingga harus tetap dijaga keberadaannya agar tidak tergerus dengan budaya asing. Para pemuda lah yang harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar akan budayanya.

Rasa kebanggaan dan kekayaan budaya ini merupakan tantangn bagi rakyat Indonesia untuk menjaganya. Jangan sampai ada yang berusaha merebutnya, kita telah melihat banyak fakta bagaimana upaya dari negara asing untuk merebut budaya kita contohnya mengklaim kebaya, alat musing angklung dan tari reog sebagai miliknya.

Butuh ada tindakannya nyata dalam mempertahankan kebudayaan yang ada seperti :
1. Culture Experience, dengan cara Terjun langsung dalam melestarikan budaya, seperti ikut dalam membina atau aktif dalam pagelaran tari. Sehingga masyarakat dapat lebih mencintai budayanya karena terjun dan terlibat langsung.
2. 
Culture Knowledge, dengan cara memberikan pendidikan kepada masyarakat dengan membuat pusat pelatihan kepada masyarakat. Tujuannya yaitu untuk mengedukasi masyarakat tentang budaya yang mereka miliki yang mungkin dapat dikembangkan melalui pariwisata lokal. sehingga para generasi muda tau tentang budayanya,