Apa saja sunah-sunah dalam menyembelih qurban?​

Posted on

Apa saja sunah-sunah dalam menyembelih qurban?​

۞بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ۞

Jawaban :

Berikut sunah-sunah dalam berqurban :

1. Hewan qurban disembelih sendiri jika mudlohi (orang yang berqurban) itu laki-laki dan mampu menyembelih.

Rasulullah SAW. bersabda :

Dari Anas r.a. beliau berkata : "Rasulullah SAW berkurban dengan 2 ekor kambing yang putih-putih dan bertanduk, beliau menyembelihnya dengan tangannya sendiri dengan membaca basmalah dan takbir serta meletakkan kakinya di dekat leher kambing tersebut. (H.R. Bukhari)

2. Diisyaratkan bagi orang yang berqurban bila telah masuk bulan Dzulhijjah untuk tidak mengambil rambut dan kukunya hingga hewan qurbannya disembelih. Rasulullah SAW bersabda :

Dari Ummu Salamah r.a. beliau berkata : Apabila telah masuk 10 hari pertama (Dzulhijjah) dan salah seorang kalian hendak berqurban, maka janganlah dia mengambil rambut dan kukunya sedikitpun hingga dia menyembelih qurbannya. (H.R. Muslim)

3. Penyembelih hewan qurban atau pengurus qurban boleh saja menerima daging qurban sebagai bagiannya, tetapi bukan upah sebagai upah menyembelih atau mengurus. Rasulullah SAW bersabda:

Dari Ali bin Abi Thalib r.a. beliau berkata : Rasulullah SAW. memerintahkanku untuk mengurusi unta-unta qurban beliau. Aku mensedekahkan daging, kulit, dan jilalnya. Aku tidak memberi sesuatu pun dari hasil sembelihan qurban kepada tukang jagal. Beliau bersabda "Kami akan memberi upah kepada tukang jagal dari uang kami sendiri" (H.R. Muslim)

Semoga Membantu^^

{green{fcolorbox{green}{black}{boxed{bold{green{Answered : by: }}}boxed{mathfrak{}green{ FahriProject07}}}}}

================•⊰✿⊱•=================