Sebutkan usul usul yang harus ada di sebuah cerita jawab pls

Posted on

Sebutkan usul usul yang harus ada di sebuah cerita jawab pls

1. Tema

Tema adalah pokok permasalahan suatu cerita, atau gagasan/ide pikiran suatu hal untuk membuat suatu tulisan baik itu dongeng, novel, ataupun cerita pendek. Tema dalam dongeng, umunya sama seperti tema dalam cerita pendek atau novel. Temanya selalu berkaitan dengan sisi-sisi kehidupan manusia. Baik yang berkaitan dengan kemanusiaan, kasih sayang, kekuasaan, keagamaan, persahabatan dan sebagainya.

Tema sebuah dongeng dapat ditelusuri dari unsur-unsur cerita lainnya,seperti tokoh, alur, latar, amanat, dan unsur lainnya. Oleh karena itu, untuk menentukan sebuah tema dongeng, cerita, atau novel harus membaca terlebih dahulu ceritanya.

2. Tokoh dan Watak Tokoh

Tokoh adalah pelaku dalam cerita. Seperti yang dikatakan (Aminuddin dalam Nurgiyantoro, 1995:79) Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin suatu cerita. Watak tokoh adalah karakter yang dimiliki tokoh sehingga bisa memberikan gambaran si tokoh dalam cerita terseb

3. Latar Cerita

Latar/ Setting merupakan tempat/ waktu. Latar/ setting merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam cerita. Latar dalam cerita meliputi gambaran tempat dan waktu. Umumnya dalam sebuah dongeng, latar cerita bersifat fiktif (rekaan), misalnya di kerajaan langit, kerajaan laut, dan sebagainya.

4. Alur Cerita

Alur cerita adalah tahapan atau jalannya suatu cerita. Alur pada sebuah dongeng sama dengan alur cerita lainnya. Alur cerita pendek atau dongeng lebih sederhana daripada alur novel. Secara umum, urutan alur dalam cerita adalah sebagai berikut:

Pengenalan cerita (intro) – Awal perselisihan/ konflik (complication) – Menuju konflik (rising action) – Konflk memuncak (climax) – Penyelesaian (ending)

Pengenalan cerita (intro) = Di bagian ini, pengarang mengawali cerita dengan memperkenalkan tokoh utama, penataan adegan, dan penceritaan tentang hubungan antar tokoh.

Awal perselisihan/konflik (complication) = Di bagian ini,pengarang mulai memunculkan bagian-bagian yang menimbulkan berbagai masalah.

Menuju konflik (rising action) = Di bagian ini, pengarang semakin meningkatkan permasalahan yang sedang dihadapi tokoh.

Konflik memuncak (climax) = Bagian ini merupakan puncak permasalahan yang dihadapi tokoh. Di bagian ini pula, tokoh dihadapkan dalam penentuan nasib yang dialaminya. Keberhasilan atau kegagalan biasanya menjadi penentuan nasib tokoh.

Penyelesaian (ending) = Bagian ini biasanya menjelaskan bagaimana nasib tokoh setelah mengalami turning point. Akan tetapi, ada pula pengarang yang menyerahkan ending ceritanya kepada para pembaca. Akhir cerita dibiarkan menggantung.

Dalam menentukan bagian-bagian alur tersebut, dapat ditentukan terlebih dahulu pikiran pokok setiap paragraf cerita yang dibaca. Setelah ditentukan, dapat menghubungkannya dengan bagian-bagian alur tersebut

5. Sudut Pandang (Point of View)

Sudut pandang adalah siasat pengarang untuk menempatkan tokoh atau pelaku di dalam cerita untuk menyampaikan ceritanya.

6. Amanat

Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang yang memiliki arti positif untuk para pembaca di dalam sebuah cerita. Cerita yang bagus memiliki amanat yang dalam bagi para pembacanya Amanat cerita bersifat “tersirat” dan terkadang pembaca kesulitan untuk menemukannya. Sebuah dongeng tentunya sangat sarat akan amanat yang penting bagi para pembacanya. Semakin “dalam” amanat sebuah dongeng semakin diingatlah dongeng tersebut.