Bagian yang merupakan puncak kelucuan,kekonyolan,masalah pada struktur teks anekdot adalah

Posted on

Bagian yang merupakan puncak kelucuan,kekonyolan,masalah pada struktur teks anekdot adalah

Jawaban:Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan atau sindiran yang mengemukakan ketidapuasan terhadap sesuatu. Teks anekdot umumnya bertemakan tentak politik, sosial, layanan pemerintah dan tema lainnya yang dirasa kurang memuaskan sehingga muncul keinginan untuk mengkritik namun berupa cerita singkat.

Contoh teks anekdot yang sering kita jumpai adalah iklan rokok Djarum, ketika ada lomba sulap dan sang Jin dapat menghilangkan berkas-berkas kasus korupsi dan semua politikus bersorak gembira karena Om Jin bisa menghilangkan bukti korupsi. Itu adalah sindiran masyarakat terhadap fenomena di Indonesia dimana kasus korupsi seolah-olah dibiarkan begiru saja.

Struktur Teks Anekdot, diantaranya :

1. Abstrak : struktur teks paling awal selalu disebut abstrak. Bisa jadi menerangkan sebuah situasi atau kondisi dimana cerita itu bermula. Sehingga pembaca dapat membayangkan situasi dan kondisi cerita itu berawal seperti apa. Contoh : Di suatu hari, di malam hari, disebuah kantor, dll.

2. Orientasi : adalah kejadian awaal cerita yang menjelaskan latar belakang terjadinya peristiwa utama dalam sebuah teks anekdot.  Setelah abstrak yang menggambarkan suasana atau kondisi maka akan muncul orientasi umumnya berbunyi : datanglah sesosok polisi, munculah seoang gadis, keluarlah seorang pria tampan.

3. Krisis : bagian yang menjelaskan pokok masalah utama dengan suatu cara yang unik. Bisa dengan suatu kekonyolan maupun kejanggalan. Umumnya pada bagian krisis memunculkan tindakan-tindakan yang  menggelitik sehingga kita sering menyebutnya konyol atau janggal. Seperti om jin yang menyulap berkas berkas bukti korupsi, itu adalah hal konyol dan janggal.

4. Reaksi  : berkaitan dengan krisis yang terjadi sebelumnya. Umumnya reaksi ini merupakan respon yang diberikan dari pokok permasalahan (yang terjadi pada krisis). Reaksi dapat juga diungkapkan dengan cara yang konyol dan janggal pula, namun tidak selalu.

5. Koda  : merupakan bagian  penutup, struktur teks anekdot.

Jadi kejanggalan dan kekonyolan memang selalu ada bagian krisis, karena tujuan utama dari teks anekdot adalah untuk mengkritik atua menyindir dengan cara yang unik. Sedangkan permasalahan biasanya dimunculkan pada bagian kritik. Namun terkadang bisa juga kekonyolan dan kejanggalan muncul pada reaksi, karena ini merupakan respon dari krisis yang terjadi. Tapi hal itu tidak selalu

Penjelasan:KOMANDOR