Bagaimana cara yang dilakukan penduduk di sekitar pantai agar memperoleh air tawar yang bersih

Posted on

Bagaimana cara yang dilakukan penduduk di sekitar pantai agar memperoleh air tawar yang bersih

Jawaban Terkonfirmasi

Cara yang dilakukan warga pesisir agar memperoleh air tawar yang bersihnmelalui proses desalinasi. Proses desalinasi dengan distilasi adalah pemisahan air tawar dengan mengubah fase air, sedangkan proses membran adalah pemisahan air tawar dari air laut dengan tekanan dan penggunaan membran reverse osmosis dengan electrowashing.

Pembahasan

Air laut atau payau merupakan larutan yang mengandung beberapa jenis zat terlarut, seperti garam, rata-rata 3%-4,5%.

Agar warga pesisir mendapatkan air bersih dan sehat, yakni melalui proses desalinasi. Desalinasi adalah pemisahan air tawar dari air asin. Proses yang digunakan disebut desalinasi air garam. Ada beberapa teknologi proses yang digunakan untuk memisahkan air tawar dari air asin. Salah satunya adalah distilasi, yang menggunakan membran untuk memisahkan molekul. Bisa juga dengan pertukaran ion, di mana ion garam ditukar dengan bahan kimia lainnya.

Peralatan umum untuk proses desalinasi air laut adalah: pompa air masuk, filter kasar dan filter halus, pipa air laut, pipa air tawar, tangki penyimpanan dan peralatan listrik. Prinsip dasar desalinasi air laut dengan proses reverse osmosis adalah jika dua larutan dengan konsentrasi berbeda (pekat dan encer) dapat dipisahkan oleh membran semipermeabel, larutan dalam konsentrasi encer akan berdifusi melintasi membran dan terjadi keseimbangan konsentrasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang cara yang dilakukan penduduk di sekitar pantai agar memperoleh air tawar yang bersih brainly.co.id/tugas/1390427

Materi tentang proses desalinasi air laut brainly.co.id/tugas/21444765

Materi tentang prinsip dasar desalinasi air laut  brainly.co.id/tugas/10007655

Detail jawaban

Kelas: 11 SMA

Mapel: Geografi

Bab: Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia

Kode: 11.8.3

#AyoBelajar