Sebutkan 2 faktor yang menyebabkan sulitnya penumpasan pemberontakan DI/TII di Jawa Barat

Posted on

Sebutkan 2 faktor yang menyebabkan sulitnya penumpasan pemberontakan DI/TII di Jawa Barat

Jawaban Terkonfirmasi

Negara Islam Indonesia yang disingkat dengan NII merupakan suatu gerakan apatis yang dikenal dengan nama Darul Islam atau DI yang berarti "Rumah Islam". Gerakan ini diproklamasikan pada tanggal 7 Agustus 1949 (12 Syawal 1368 dalam kalender Hijriyah) oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo di Desa Cisampah, Kecamatan Ciawiligar, Kawedanan Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Diproklamirkan pada saat Negara Pasundan buatan Belanda mengangkat Raden Aria Adipati Wiranatakoesoema sebagai presiden.

Gerakan ini bertujuan menjadikan Republik Indonesia yang saat itu baru saja diproklamasikan kemerdekaannya dan berada pada masa perang dengan tentara negara Belanda sebagai negara yang berlandaskan pada agama Islam. Gerakan ini memproklamirkan bahwa "Hukum yang berlaku dalam Negara Islam Indonesia adalah hukum Islam." Proklamasi Negara Islam Indonesia dengan tegas menyatakan kewajiban negara untuk membuat undang-undang yang berlandaskan syariat Islam dan penolakan yang keras terhadap ideologi selain Alquran dan hadis, yang disebut dengan "hukum kafir" sesuai dengan Alquran surat Al-Maidah ayat 50.

Pemberontakan DI/TII terjadi di beberapa wilayah di Indonesia antara lain : Jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan.

Faktor yang menyebabkan sulitnya penumpasan pemberontakan DI/TII di Jawa Barat antara lain:

1) Faktor fisik: Kondisi medan yang berupa daerah pegunungan-pegunungan yang sangat mendukung pasukan DI/TII untuk bergerilya.

2) Faktor sosial: pasukan Kartosuwiryo dapat bergerak dengan leluasa di kalangan rakyat sehingga sulit membedakan antara rakyat dengan anggota DI/TII.

3) Faktor politik: pasukan DI/TII mendapatkan bantuan dari beberapa orang Belanda antara lain pemilik-pemilik perkebunan dan para pendukung negara Pasundan.

4) Suasana politik yang tidak stabil dan sikap beberapa kalangan partai politik yang mempersulit usaha-usaha pemulihan keamanan.

Pertanyaan serupa dapat ditemukan di link-link berikut ya:

brainly.co.id/tugas/11726826

brainly.co.id/tugas/2070900

brainly.co.id/tugas/5239950

Materi : IPS – SMP

Kata kunci : pemberontakan DI/TII Jawa Barat