Sebutkan informasi yang harus tercantum dalam anggaran kebutuhan bahan baku langsung !

Posted on

Sebutkan informasi yang harus tercantum dalam anggaran kebutuhan bahan baku langsung !

Jawaban Terkonfirmasi

Informasi yang tercantum di anggaran kebutuhan bahan baku langsung yaitu ;

  • Jenis bahan baku yang digunakan, yaitu berbagai informasi secara detail bahan-bahan yang digunakan guna pembuatan proses produksi
  • Jenis produk jadi yang dihasilkan, yaitu informasi mengenai hasil proses produksi berupa barang yang diperjualbelikan.
  • Departemen produksi yang dilalui dalam proses produksi, yaitu informasi yang memuat tentang bagian produksi dalam menciptakan nilai tambah suatu produk dengan membuat barang atau produk sesuai yang direncanakan menjadi barang jadi atau finish good.
  • Standard Usage Rate, yaitu informasi terkait jumlah nominal satuan bahan baku langsung yang dibutuhkan guna menghasilkan satuan produk jadi.
  • Waktu penggunaan bahan baku langsung, yaitu informasi terkait hari, tanggal proses produksi.
  • Kuantitas produk jadi, yaitu informasi terkait satuan ukuran yang berhubungan dengan jumlah hasil produk yang dinyatakan dalam angka.

Pembahasan

Pengertian Bahan Baku Langsung

Bahan baku langsung ialah bahan-bahan mentah yang digunakan dalam proses produksi dan menjadi bagian dari barang hasil produksi tersebut. Sebagai contoh, dalam industri pembuatan produksi mie kering, bahan baku langsung yang digunakan ialah tepung terigu.

Dalam sebuah industri, baik industri rumahan ataupun industri yang berskala besar tentu mempunyai bahan baku yang akan diolah menjadi sebuah produk tertentu. Bahan baku merupakan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk, yang mana bahan tersebut secara keseluruhan nampak pada produk jadinya. Sedangkan biaya bahan baku sendiri merupakan keseluruhan biaya pengeluaran dari awal mendapatkan bahan baku sampai dengan bahan siap jadi yang digunakan. Meliputi harga bahan, penyimpanan, biaya ongkos angkut, dan lain–lain.

Pelajari lebih lanjut

brainly.co.id/tugas/6737457 Pengertian bahan baku dan contohnya

brainly.co.id/tugas/990904 Fungsi dan jenis-jenis persediaan bahan baku

————-

Detil jawaban

Kelas : SMA

Mapel : Ekonomi

Bab : Bab 8.1 – Biaya Produksi, Penerimaan, Laba Rugi

Kode : 10.12.8.1

Kata Kunci : Informasi yang tercantum dalam bahan baku langsung, Pengertian bahan baku langsung