JELASKAN APA YANG DI MAKSUD,, NOVA,, SUPERNOVA,,,DAN KILONOVA JELASKAN WEIW​

Posted on

JELASKAN APA YANG DI MAKSUD,, NOVA,, SUPERNOVA,,,DAN KILONOVA JELASKAN WEIW​

Jawaban:

Nova adalah ledakan nuklir kataklismik yang disebabkan oleh akresi hidrogen ke permukaan sebuah katai putih. Fisis ledakan ini berbeda dengan yang terjadi pada supernova dan nova merah cerlang.

Supernova (jamak Supernovae) adalah ledakan yang sangat energik dari suatu bintang besar dan masif yang berada di titik tertentu dalam siklus hidupnya, yang disebabkan oleh keruntuhan inti gravitasi di mana dapat memancarkan energi lebih banyak daripada nova dan kecerahannya dapat bertahan hingga beberapa bulan. Ini biasanya terjadi ketika fusi nuklirnya tidak dapat menahan inti dari gravitasinya sendiri dan akhirnya inti runtuh dan meledak. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Supernova adalah objek sementara. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai satu miliar kali cahaya semula bintang tersebut (yang dapat mengungguli seluruh galaksi), setelah beberapa minggu akhirnya meredup, dan lenyap.

Kilonova atau Makronova adalah peristiwa astronomi sementara yang terjadi ketika sepasang bintang neutron atau pasangan bintang neutron dan lubang hitam berinteraksi dan bertabrakan sehingga terjadi ledakan sinar gamma sesaat dengan kecerlangan 1000 kali dari nova tapi tidak secerah supernova