Siapakah tokoh yang mengenalkan teori kabut

Posted on

Siapakah tokoh yang mengenalkan teori kabut

Jawaban Terkonfirmasi

Tokoh yang mengenalkan teori kabut adalah Immanuel Kant dan Piere Simon de Laplace. Teori kabut merupakan salah satu teori pembentukan tata surya. Teori kabut disebut juga sebagai teori nebula dan teori Kant-Laplace.

Pembahasan

Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Dalam sistem tata surya terdapat delapan planet yang mengelilingi matahari, yaitu

  1. Merkurius, merupakan planet yang paling dekat dengan matahari yang memiliki warna abu-abu.
  2. Venus, merupakan planet yang mendapat julukan sebagai bintang bintang fajar dan bintang senja yang memiliki warna putih kekuningan dan berotasi melawan arah rotasi planet lainnya.
  3. Bumi, merupakan planet tempat tinggal makhluk hidup yang memiliki warna biru kehijauan dan memiliki satelit bernama bulan.
  4. Mars, merupakan planet yang mendapat julukan sebagai planet merah yang memiliki warna kemerahan dan memiliki dua satelit bernama phobos dan demos.
  5. Yupiter, merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya yang memiliki warna berlapis putih dan orange.
  6. Saturnus, merupakan planet yang memiliki cincin dan berwarna kuning pucat.
  7. Uranus, merupakan planet terdingin yang memiliki warna biru muda.
  8. Neptunus, merupakan planet terakhir dalam sistem tata surya yang memiliki warna biru.

Pelajari lebih lanjut tentang planet di:  brainly.co.id/tugas/13707674.

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa teori tentang proses pembentukkan tata surya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teori kabut (nebula), merupakan teori pembentukan tata surya yang dikemukakan oleh Immanuel Kant dan Piere Simon de Laplace yang menyatakan bahwa tata surya berasal dari kabut gas dan debu yang mengalami pendinginan lalu menyusut dan berputar membentuk seperti cakram.
  2. Teori planetisimal, merupakan teori pembentukan tata surya yang dikemukakan oleh Moulton dan Chamberlain yang menyatakan bahwa tata surya berasal dari bintang yang berpapasan dekat dengan matahari sehingga terjadi pasang naik dan sebagian massa matahari tertarik dan terhambur membentuk planet-planet.
  3. Teori pasang surut (tidal), merupakan teori pembentukan tata surya yang dikemukakan oleh H. Jeans dan Harold Jeffres yang menyatakan bahwa tata surya berasal dari bintang yang bergerak mendekati matahari lalu menghilang sehingga massa matahari tertarik dan lepas membentuk planet-planet.
  4. Teori awan debu, merupakan teori pembentukan tata surya yang dikemukakan oleh Von Wizsecken yang menyatakan bahwa tata surya berasal dari gumpalan awan debu yang mengalami pemampatan sehingga partikel debu tertarik ke bagian pusat awan yaang berpilin membentuk cakram lalu terpecah membentuk planet dan satelit.
  5. Teori bintang kembar, merupakan teori pembentukan tata surya yang dikemukakan oleh Hoyle yang menyatakan bahwa tata surya berasal dari matahari merupakan bintang kembar lalu satu bintang meledak sehingga menjadi planet dan satelit.

Pelajari lebih lanjut tentang teori pembentukkan tata surya di: brainly.co.id/tugas/3461519.

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Geografi

Bab: Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya

Kode: 10.8.3

Kata kunci: teori kabut, teori nebula, immanuel kant