Buat lah sebuah karangan eksposisi yang bertema tentang pembiasaan menghemat air

Posted on

Buat lah sebuah karangan eksposisi yang bertema tentang pembiasaan menghemat air

Tesis: Air merupakan sumber kehidupan penting untuk manusia. Tanpa adanya air, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Akan tetapi, manusia sering saja menyia-nyiakan air untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Pembiasaan menghemat air sudah harus kita tanamkan sejak usia dini, sehingga generasi selanjutnya bisa lebih menghargai air dan mengurangi tingkat pemborosan air.

Argumentasi: World Resource Institute (WRI) sendiri memperkirakan ancaman krisis air dinegara kita ini semakin nyata akibat pemborosan air yang dilakukan masyarakat setiap harinya. Langkah-langkah yang segera harus kita lakukan adalah membiasakan diri untuk menghemat air dikehidupan kita sendiri, seperti mematikan keran air ketika selesai dipakai, memambatasi pemakaian air sehari-hari, dsb.

Simpulan/Penegasan ulang: Pembiasaan menghemat air bisa kita mulai dari diri kita sendiri, pengetahuan dini mengenai pentingnya air harus ditanamkan kepada generasi selanjutnya agar manusia sadar betapa pentingnya air dalam kehidupan kita.