Kenapa surah Ya-sin sering digunakan untuk mendoakan karib-kerabat kita yang sudah meninggal? Jelaskan!​

Posted on

Kenapa surah Ya-sin sering digunakan untuk mendoakan karib-kerabat kita yang sudah meninggal? Jelaskan!​

Jawaban:

karena Hampir seluruh masyarakat meyakini dan menjalankan ‘kewajiban’ turun temurun untuk kerabat yang sudah meninggal yakni membaca surat yasin.

"Jantungnya Al-Quran adalah surat Yaasiin. Tidak seorang yang mencintai Allah dan negeri akhirat membacanya kecuali dosa-dosanya diampuni. Bacakanlah (Yaasiin) atas orang-orang mati di antara kalian.” (Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Anas bin Malik ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda : “Barangsiapa memasuki pemakaman lalu membaca surah Yasin, niscaya azab kubur mereka (yang berhak mendapat siksa) diringankan pada hari itu, dan akan mendapatkan kebajikan sebanyak jumlah ahli kubur yang ada di dalamnya.”

Karena itu, umat Islam di seluruh negara Islam umumnya meminta seorang pembaca Al-Qur’an untuk membaca surah Yasin di sisi kuburan kerabatnya dengan harapan agar Allah swt. mencurahkan rahmat-Nya.

maaf kalo salah

Jawaban:

karena umat Islam di seluruh negara Islam umumnya meminta seorang pembaca Al-Qur’an untuk membaca surah Yasin di sisi kuburan kerabatnya dengan harapan agar Allah swt. mencurahkan rahmat-Nya.v

Penjelasan:

karena Barangsiapa memasuki pemakaman lalu membaca surah Yasin, niscaya azab kubur mereka (yang berhak mendapat siksa) diringankan pada hari itu, dan akan mendapatkan kebajikan sebanyak jumlah ahli kubur yang ada di dalamnya

maaf klo salah