Pori² pada permukaan tubuh seranga yg berfungsi sebagai keluar masuknya adara​

Posted on

Pori² pada permukaan tubuh seranga yg berfungsi sebagai keluar masuknya adara​

Jawaban:

Stigma merupakan lubang atau corong yang terletak dibagian tubuh serangga sebalah kanan dan kiri. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara. Udara yang keluar ini disebabkan oleh gerakan otot tubuh secara teratur.

Penjelasan:

Stigma bermakna juga sebagai corong corong kecil yang terdapat pada tubuh serangga yang berguna untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

▛                                                       ▜

     Johanasoegiarto (Biologi) ♛

▙                                                       ▟

Alat pernapasan serangga terdiri atas trakea yang merupakan saluran yang terhubung dengan spirakel. Stigma merupakan lubang yang terletak pada bagian kanan dan kiri tubuh serangga. Spirakel merupakan lubang keluar masuknya udara. Trakeola merupakan pipa kecil pada tubuh serangga untuk jalan masuk udara.

Pembahasan

Serangga merupakan salah satu arthopoda beruas yang bernafas dengan menggunakan sistem trakea. Sistem trakea ini merupakan sistem tabung yang memiliki banyak percabangan didalam tubuh. Trakea akan menghantarkan oksigen langsung ke dalam sel-sel tubuh dan membuang limbah karbodioksida. Trakea juga berperan dalam menyuplai dan mengantarkan oksigen secara langsung kedalam sel-sel tubuh karena oksigen tidak diangkut oleh darah seperti pada hewan darat lain. Cairan di dalam perdaran darah pada serangga bercampur dengan cairan tubuh yang mengangkut sari-sari makanan namun tidak mengangkut oksigen ataupun karbondioksida.

Alat bernapasan serangga terdiri atas trakea, stigma, spirakel dan trakeola.

Trakea

Trakea (tracheae) merupakan saluran seperti tabung/pembuluh yang terhubung dengan spirakel. Saluran ini berbentuk seperti lubang-lubang halus antar ruasnya, bercabang, terdapat pada seluruh tubuh dan bermuara pada stigma. Trakea tersusun dari zat kitin, oleh karena itu memliki struktur yang kokoh. Trakea berfungsi sebagai sebagai saluran tempat mengalirnya gas yang kaya oksigen dari luar ke seluruh tubuh dan juga sebagai saluran untuk mengalirkan karbon dioksida ke luar tubuh. Trakea dapat dipengaruhi oleh taenidia yang strukturnya tipis. Struktur ini membantu trakea dapat bersifat lentur atau fleksibel dan meregang pada proses kontraksi-relaksasi selama pernapasan.

Stigma

Stigma merupakan lubang atau corong yang terletak dibagian tubuh serangga sebalah kanan dan kiri. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara. Udara yang keluar ini disebabkan oleh gerakan otot tubuh secara teratur.

Spirakel

Spirakel (spiracles) merupakan bagian dari rangka eksternal, berjumlah sepasang, terletak pada bagian dada (thorax) dan segmen-segmen pada abdomen serangga, namun tidak semua segmen pada serangga terdapat spirakel. Bagian ini dapat terbuka dan tertutup karena diatur oleh katup otot. Spirakel berfungsi sebagai lubang aliran masuk dan keluarnya gas (oksigen dan karbondioksida). Spirakel dapat dilengkapi dengan rambut halus yang berfungsi menyaring udara.

Trakeolus

Trakeolus (tracheoles) merupakan percabangan dari trakea yang memiliki struktur yang tipis. Fungsinya hampir sama dengan kapiler darah yang terdapat pada kelompok vertebrata. Strukturnya yang halus dan terdapat cairan serta terhubung langsung pada sel-sel tubuh agar difusi atau pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dapat terjadi dengan mudah sehingga kebutuhan oksigen bagi sel-sel terpenuhi.

Pernapasan Serangga

Saat serangga melakukan pernafasan, udara masuk ke trakea melalui bagian yang terletak pada permukaan tubuh, yaitu spirakel. Spirakel dilindungi oleh bulu halus yang berfungsi sebagai penyaring debu dan benda asing yang masuk menuju trakea. Setelah itu udara akan melewati pipa kecil yang disebut trakeola. Bagian trakeola ini terhubung dengan membran sel, berperan dalam difusi oksigen kedalam sel tubuh sedangkan karbodioksida akan berdisfusi keluar. Setelah melewati trakeola, karbondioksida akan dikeluarkan melalui trakea.

Jalannya pernapasan pada serangga adalah sebagai berikut :

1.Udara bersih masuk tubuh serangga melalui spirakel♠

2.Udara mengalir melalui trakea♠

3.Udara kemudian mengalir menuju trakeola♠

4Udara kotor akan keluar dari tubuh dengan melewati trakeola dan trakea, udara tersebut mengandung karbondioksida♠SMOGA MEMBANTU ♠DAN TOLONG KK KLIK BINTANG LIMA DAN TANDA TERIMA KASIH NYA YA KA•_•♠♪OK♦_♦