Jelaskan mengapa sebagian besar penduduk Asia tenggara bermata pencarian afganis​

Posted on

Jelaskan mengapa sebagian besar penduduk Asia tenggara bermata pencarian afganis​

Jawaban:

Kamboja adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang sebagian besar wilayahnya merupakan tanah dataran dan sungai besar yang terletak di tengah jalur perdagangan penting. Mata pencaharian penduduk Kamboja bergantung pada kondisi alam.

Dilansir dari Britannica, Kamboja memulai proses pemulihan di bawah rezim Republik Rakyat Kampuchea yang didukung Vietnam tahun 1979-1989 dan sekitar tahun 1990an ia mendapatkan kembali otonomi politik. Negara ini lalu membangun kembali sistem pemerintahannya.

Ekonomi Kamboja terus meningkat. Ada satu pepatah yang hidup berdampingan dengan penduduk Kamboja, yaitu "Fear not the future, weep not for the past.". Pepatah tersebut kurang lebih mengatakan untuk tidak takut akan masa depan dan jangan menangis untuk masa lalu.

Sebagian besar tanah Kamboja berpasir dan rendah nutrisi. Tanah ini cocok untuk tanaman komersial seperti karet dan kapas.

Kamboja termasuk negara yang dilalui Sungai Mekong, sungai terbesar di Asia Tenggara. Banjir tahunan Sungai Mekong selama musim hujan menyimpan endapan aluvial. Endapan ini turut menyumbang kesuburan tanah dataran tengah dan menjadi irigasi alami untuk penanaman padi.