Kak buatin cara buat rak buku dari kardus dong tapi mau sama file pas ngerjainnya .

Posted on

alat dan bahan.proses pembuatan.dan menggunakan file Poto saat nger jainnya
tolong kak poin nya dibesarin kak jawab secepatnya.​

Kak buatin cara buat rak buku dari kardus dong tapi mau sama file pas ngerjainnya .

kakak cari di Google atau di YouTube videonya

“JAWABAN”

Siapkan Alat dan Bahan

RAK BUKU DARI KARDUS

Selanjutnya kamu bisa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan., Anda pun harus menyiapkan bahan utama, yaitu kardus bekas.

Tapi bukan hanya itu, Anda juga membutuhkan beberapa material dan perlengkapan lainnya. Pada penjelasan berikut ini, akan dijabarkan mengenai beberapa jenis alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan rak dari kardus, yaitu:

Kardus bekas. Carilah kardus bekas yang masih bagus, rapi dan bersih. Usahakan untuk memilih kardus bekas yang cukup tebal. Agar nantinya Anda dapat menghasilkan rak buku yang kuat dan kokoh.

Kertas samson dan HVS. Kertas samson diperlukan untuk menutupi permukaan rak buku, atau lebih tepatnya menyamarkan tekstur kardus. Sementara kertas HVS berfungsi untuk menutupi tepi atau pinggiran rak buku agar tampak lebih rapid an menarik.

Alat tulis. Alat tulis ini akan digunakan untuk membuat pola untuk setiap bagian dari rak. Anda bisa memakai alat tulis jenis apa saja, tetapi kami lebih menyarankan pensil dan penghapus agar memudahkan koreksi jika terjadi kesalahan.

Penggaris. Anda membutuhkan alat untuk mengukur dimensi pola secara akurat. Maka siapkan juga penggaris dengan panjang yang cukup. Anda bisa memakai penggaris logam dengan panjang 100 cm atau 50 cm.

Pisau Cutter. Selain gunting, Anda juga membutuhkan pisau cutter. Alat ini berguna untuk mempermudah pemotongan lembaran kardus tebal, sehingga hasilnya akan lebih halus dan rapi. Tapi pastikan Anda memilih pisau cutter yang masih tajam.

Gunting. Gunting bersifat opsional. Hanya diperlukan jika Anda kesulitan memotong kardus atau kertas menggunakan cutter. Usahakan menggunakan gunting dengan ketajaman yang cukup.

Lem. Anda bisa saja menggunakan lem putih, tetapi akan lebih kuat jika mendukungnya dengan lem tembak. Fungsinya untuk menyatukan setiap komponen rak buku dari potongan-potongan kardus tadi.

Langkah dan Cara Pembuatan Rak Buku Dari Kardus Bekas

Siapkan area untuk memulai proses pembuatan rak buku. Gunakan meja kosong yang cukup lebar, atau Anda bisa mengerjakan semuanya di lantai. Namun pastikan area kerja Anda benar-benar dalam kondisi bersih.

Ambil semua alat dan bahan. Dimulai dari lembaran kardus yang akan Anda buat menjadi rak buku. Pilih salah satu bidang pada permukaannya untuk membuat pola sesuai dengan konsep yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Anda bisa membuat pola rak buku berbentuk persegi dengan ukuran sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dimensi ruangan yang tersisa untuk menempatkan rak buk tersebut nantinya. Juga ukuran dan jumlah buku koleksi Anda di rumah.

Ini akan menentukan seberapa lebar luas bidang yang dibutuhkan, serta berapa susun rak yang perlu dibuat agar semua buku Anda dapat tersimpan rapi di dalamnya. Catat semua ukuran di kertas kosong, lalu terapkan angka-angka tersebut pada permukaan kardus.

Memotong Kardus Sesuai Pola dan Ukuran

Picture of Cut Out the Shapes
https://instructables.com/
Pastikan semua telah terukur dan ditandai dengan baik. Langkah selanjutnya, Anda harus memotong pola tersebut.

Usahakan serapi mungkin, menggunakan gunting atau pisau cutter, pilihlah yang paling nyaman buat Anda.

Menyatukan Bagian Yang Sudah Dipotong

Setelah Anda memotong semua bagian yang dibutuhkan, kini saatnya menyatukan bagian-bagian tersebut untuk menjadi rak buku.

Susun bagian-bagian tersebut menggunakan lem tembak agar kuat dan kokoh. Anda juga bisa menggunakan lem kayu agar lebih maksimal.

Saat menyatukan bagian-bagian ini, Anda harus waspada dan berhati-hati.

Pertama, jangan sampai salah menempelkan bagian di tempat yang tidak seharusnya. Kedua, gunakan sarung tangan untuk menghindari terkena lem panas dari alat lem tembak.

Menutupi Permukaan Rak Buku Dengan Kertas Coklat

Hasil gambar untuk brown wrapping paper
https://etsy.com/
Selagi menunggu lem kering agar semua bagian rak buku bisa melekat sempurna, ambillah lembaran kertas samson yang telah disiapkan tadi.

Letakkan lembaran yang lebar tersebut di atas rak buku. Lalu lipat mengikuti setiap bagian dari permukaan luar rak buku.

Sesuaikan pula dengan bentuk rak buku, kemudian tandai dengan lipatan. Lipatan tersebut akan menjadi panduan Anda saat memotong kertas samson.

Setelah ditandai seluruhnya, gunting lalu tempelkan masing-masing bagian pada permukaan rak buku.

Memberi Lis dengan Kertas Putih

Hasil gambar untuk diy cardboard bookshelf instructions
https://dapurindonesia.web.id
Berikutnya Anda perlu mengambil kertas HVS putih yang telah disiapkan tadi. Kertas ini juga berfungsi sebagai pelapis luar rak buku dari kardus.

Hanya saja digunakan untuk menutupi permukaan yang tidak dilapisi dengan kertas Samson, yaitu lis tepian rak buku.