{ BIG POINT }

Posted on

1. Apa perbedaan antara agama dan kepercayaan?

2. Tradisi kejawen sering dikaitkan dengan agama Islam. Apakah tradisi kejawen masih merupakan bagian dari agama Islam? Jelaskan alasannya!​

{ BIG POINT }

Jawaban:

1. Apa perbedaan antara agama dan kepercayaan?

Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan MUI Basri Bermanda juga menjelaskan pengertian agama dan kepercayaan. Dia mengatakan, yang dimaksud agama yakni memiliki kitab, nabi, rasul dan sistem ajaran. Sedangkan kepercayaan, lanjut dia, merupakan aliran kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Tradisi kejawen sering dikaitkan dengan agama Islam. Apakah tradisi kejawen masih merupakan bagian dari agama Islam? Jelaskan alasannya!

Tentu, masih menjadi tradisi. Di sebabkan itu, TRADISI KEJAWEN pada zaman dahulu sering di kaitan dengan agama Islam.

Penjelasan:

1. Agama adalah Sebuah tata cara yang mengatur peribadahan manusia kepada Tuhan, semisal Al-Quran mengajarkan kaum muslim untuk beribadah kepada Allah, dengan cara sholat.

Kepercayaan adalah Suatu sikap manusia dalam bertumpu pada suatu hal, yang percaya tentang hal tersebut.

2. Kejawen (Jawa: Kajawèn; Carakan: ꦏꦗꦮꦺꦤ꧀; Pegon: كجَوَين) adalah Sebuah pandangan hidup yang terutama dianut di Pulau Jawa oleh suku Jawa dan suku bangsa lainnya yang menetap di Jawa. Kejawen merupakan kumpulan pandangan hidup dan filsafat sepanjang peradaban orang Jawa yang menjadi pengetahuan kolektif bersama, hal tersebut dapat dilihat dari ajarannya yang universal dan selalu melekat berdampingan dengan agama yang dianut pada zamannya. Kitab-kitab dan naskah kuno Kejawen tidak menegaskan ajarannya sebagai sebuah agama meskipun memiliki laku. Kejawen juga tidak dapat dilepaskan dari agama yang dianut karena filsafat Kejawen dilandaskan pada ajaran agama yang dianut oleh Filsuf Jawa.