Jelaskan perbedaan antara teks deskriptif eksplanatori dan teks deskriptif sugestif

Posted on

Jelaskan perbedaan antara teks deskriptif eksplanatori dan teks deskriptif sugestif

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal berbagai jenis teks. Salah satu di antaranya dalah teks deskripsi atau deskriptif. Berbeda dengan teks-teks lain pada umumnya, teks deskriptif merupakan teks yang didasarkan pada pengamatan tentang suatu obyek yang dilakukan oleh sang penulis. Obyek dalam teks deskriptif dapat berupa apapun, mulai dari benda, individu, karakter fiksi, atau peristiwa. Maka tak heran jika teks ini mendapatkan embel-embel 'deskripsi' yang berarti makna atau penggambaran.

Lebih lanjut, teks deskriptif dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Cara pertama adalah dengan mendasarkannya pada obyek yang diteliti. Sementara pada cara yang kedua adalah berdasarkan cara mendeskripsikan atau menggambarkan obyek yang diamati. Berdasarkan cara ini, terdapat 2 jenis teks deskriptif yaitu teks deskriptif eksplanatori dan teks deskriptif sugestif.

Teks deskripstif eksplanatori adalah teks deskripsi yang memaparkan suatu obyek berdasarkan fakta atau segala sesuatu yang dilihat, dirasa, disentuh, dan dialami langsung oleh sang penulis.

Sementara itu, yang dimaksud dengan teks deskriptif sugestif adalah teks deskripsi yang memaparkan suatu obyek berdasarkan sugesti atau kesan yang muncul selama pengamatan terhadap obyek yang dimaksud.

Berdasarkan pengertian ini, dapat ditarik keseimpulan bahwa perbedaan antara teks deskriptif eksplanatori dan sugestif terletak pada materi yang digunakan untuk membangun teks tersebut. Pada teks eksplanatori, sang penulis menggunakan fakta yang terukur dan teruji, sementara pada teks sugestif, sang penulis mendasarkan teks yang ditulisnya berdasarkan sugesti/opini yang diterimanya selama mengamati obyek penulisan.

Contoh lain tentang teks deskriptif dapat kamu pelajari pada halaman berikut:

brainly.co.id/tugas/9563836

Simpulan:

Teks deskriptif merupakan teks yang didasarkan pada pengamatan tentang suatu obyek yang dilakukan oleh sang penulis. Obyek dalam teks deskriptif dapat berupa apapun, mulai dari benda, individu, karakter fiksi, atau peristiwa.

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Menyunting Beragam Teks (Kalimat Efektif)

Kata kunci: teks, deskriptif, eksplanatori, sugestif, fakta, sugesti, kesan, data, obyek