Senyawa turunan benzena yang dapat bereaksi dengan larutan basa menghasilkan suatu garam adalah

Posted on

a. anilin
b. toluena
c. fenil alkohol
d. nitrobenzena
e. klorobenzena

Senyawa turunan benzena yang dapat bereaksi dengan larutan basa menghasilkan suatu garam adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Senyawa turunan benzena yang dapat bereaksi dengan larutan basa menghasilkan suatu garam adalah fenil alkohol atau fenol (C₆H₅-OH)

  • Fenil alkohol merupakan senyawa turunan benzena yang bersifat asam sehingga jika direaksikan dengan larutan basa akan menghasilkan garan dan air
  • Anilin atau amino benzena (C₆H₅-NH₂) merupakan senyawa turunan benzena yang bersifat basa lemah dan dapat digunakan sebagai bahan pembuat warna diazo
  • Toluena atau metil benzena (C₆H₅-CH₃) merupakan senyawa turunan benzena yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan asam benzoat
  • Nitro benzena (C₆H₅-NO₃) merupakan senyawa turunan benzena yang dapat digunakan sebagai pembuatan anilin
  • Kloro benzena (C₆H₅-Cl) merupakan senyawa turunan benzena yang diperoleh dari reaksi halogenasi benzena dengan klor (Cl₂)

Pembahasan

Senyawa benzena termasuk senyawa hidrokarbon siklik aromatik karena  memiliki rantai karbon tertutup dan memiliki aroma yang khas.  Benzena pertama kali disintesis oleh Michael Faraday pada tahun 1825 dari suatu gas yang digunakans sebagai lampu penerangan.  

Benzena memiliki rumus kimia C₆H₆ dengan ikatan jenuh atau ikatan rangkap lebih banyak  dibandingkan senyawa alkena dan alkuna.  

Reaksi substitusi benzena yaitu reaksi pergantian atom H pada benzena dengan atom atau gugus atom tanpa mengganggu cincin karbonnya dan menghasilkan senyawa turunan benzena. Benzena yang kehilangan satu atom H disebut fenil (C₆H₅-).

Senyawa fenil akohol atau fenol merupakan salah satu contoh senyawa turunan benzena dengan rumus molekul C₆H₅-OH. Satu atom H pada benzena diganti dengan gugus OH- (hidroksil) membentuk senyawa fenil alkohol

Fenil alkohol murni berupa kristal yang tidak berwarna, berbau karbol, bersifat korosif, beracun serta bersifat antiseptik atau dapat membunuh kuman. Fenil alkohol dapat digunakan sebagai bahan antiseptik atau dikenal sebagai karbol, sebagai pelarut pada pemurnian minyak pelumas, bahan pembuat zat warna, serta sebagai bahan dasar pembuatan polimer bakelit.

Fenil alkohol dapat  sedikit larut dalam air, merupakan asam lemah sehingga dapat bereaksi dengan basa membentuk garam dan air. Asam lemah fenil alkohol memiliki harga Ka = 1 x 10⁻¹⁰ yang bersifat asam lebih kuat dibandingkan alkohol atau air. Contoh reaksi antara asam lemah fenil alkohol dengan basa kuat NaOH akan menghasilkan garam natrium fenoksida dan air (H₂O)

C₆H₅-OH + NaOH                   → C₆H₅-ONa              + H₂O

Fenol    Natrium hidroksida   Natrium fenoksida     Air

 

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang struktur Lewis Benzena brainly.co.id/tugas/21003519

2. Materi tentang senyawa turunan benzena asam bezena sulfonat brainly.co.id/tugas/21136017

3. Materi tentang reaksi substitusi benzena brainly.co.id/tugas/14430383

Detil jawaban  

Kelas: 12 SMA

Mapel: Kimia

Bab: Benzena

Kode: 12.7.8

Kata Kunci: Senyawa turunan benzena, Fenol, Fenil alkohol

Gambar Jawaban