1 contoh pupuh kinanti!

Posted on

1 contoh pupuh kinanti!

Jawaban Terkonfirmasi

Yang perlu dilakukan agar bisa dengan benar membuat contoh pupuh kinanti adalah memahami dengan baik aturan yang ada dalam pupuh kinanti, seperti bagaimana guru wilangan, guru lagu dan watak atau karakternya. Pupuh adalah aturan atau patokan yang biasa digunakan dalam beberapa puisi Sunda, seperti guguritan dan wawacan. Ada 17 jenis pupuh yang dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu yang disebut Sekar Ageung dan Sekar Alit.  

Pembahasan

Dalam Sekar Ageung ada emapt jenis pupuh. Sedangkan dalam Sekar Alit ada 13 jenis pupuh. Pupuh kinanti ada dalam kelompok Sekar Ageung yang bersama tiga pupuh lainnya dalam Sekar Ageung dikenal dengan pupuh KSAD yang merupakan singkatan dari nama pupuh kinanti, sinom, asmarandana dan dandanggula.

Aturan yang ada dalam pupuh disebut guru wilangan, guru lagu, dan masing-masing pupuh memiliki watak atau karatkter yang berbeda. Guru wilangan adalah jumlah suku kata yang ada dalam setiap baris pupuh. Sedangkan guru lagu adalah suara (atau huruf vokal) terakhir yang ada dalam setiap bari pupuh.

Guru wilangan dan guru lagu dari pupuh kinanti adalah 8-u, 8-i, 8-a, 8-i, 8-a, 8-i. Sedangkan watak atau karakter yang ada dalam pupuh kinanti adalah menggambarkan perasaan sedang menanti, khawatir, atau rasa sayang. Di bawah ini adalah contoh pupuh kinanti dalam bahasa Sunda :

Kuring guligah keur nunggu (8-u)

nungguan kakasih ati (8-i)

nu geus lila taya beja (8-a)

ayeuna can nepi-nepi (8-i)

waktu karasana lila (8-a)

kuring nunggu nu can nepi (8-i)

Pelajari lebih lanjut

__________

Detil Jawaban

Kelas : I

Mapel : Bahasa Sunda – Pangaresep

Bab : 2

Kode : 1.13.2

Kata Kunci : Contoh pupuh kinanti