Konsep penting geografi dalam kaitannya dengan bentuk muka bumi adalah …

Posted on

Konsep penting geografi dalam kaitannya dengan bentuk muka bumi adalah …

Jawaban Terkonfirmasi

Konsep penting geografi dalam kaitannya dengan bentuk muka bumi adalah konsep morfologi. Dalam mengkaji setiap fenomena geosfer yang terjadi di muka bumi dapat dilakukan dengan menggunakan konsep geografi yang terdiri dari 10 konsep.

Pembahasan

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena yang terjadi di bumi. Terdapat dua jenis objek yang dipelajari dalam geografi, yaitu sebagai berikut:

  1. Objek material, merupakan objek yang berupa fenomena geosfer yang terdiri dari litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer.
  2. Objek formal, merupakan sudut pandang atau pendekatan yang digunakan untuk mempelajari fenomena-fenomena geosfer yang terjadi.

Pelajari lebih lanjut tentang objek studi geografi di:  brainly.co.id/tugas/3119266.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam mempelajari setiap fenomena geosfer yang terjadi di muka bumi dapat dilakukan dengan menggunakan konsep geografi yang terdiri dari 10 konsep berikut ini:

  1. Konsep lokasi, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan letaknya yang berupa letak absolut (letak astronomis) dan letak relatif (letak geografis).
  2. Konsep jarak, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan jarak antar wilayah yang berupa jarak mutlak (satuan panjang) dan jarak relatif (satuan waktu).
  3. Konsep keterjangkauan, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk menjangkau suatu wilayah yang berupa sarana transportasi dan sarana komunikasi.
  4. Konsep pola, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan konfigurasi bentuk yang berupa pola aliran sungai dan pola permukiman.
  5. Konsep morfologi, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan bentuk muka bumi yang berupa gunung, pantai, dataran tinggi, dataran rendah, dan lain sebagainya.
  6. Konsep aglomerasi, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer yang berkaitan dengan pengelompokkan suatu fenomena di permukaan bumi.
  7. Konsep nilai guna, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan manfaat dan potensi suatu wilayah.
  8. Konsep diferensiasi area, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan perbedaan karakteristik antar wilayah.
  9. Konsep keterkaitan keruangan, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer yang berkaitan dengan hubungan antar wlayah yang saling terkait.
  10. Konsep interaksi dan interdependensi, merupakan konsep geografi yang menjelaskan fenomena geosfer berdasarkan hubungan timbal balik atau saling ketergantungan antar wilayah.

Pelajari lebih lanjut tentang konsep geografi di:  brainly.co.id/tugas/1093839.

Selain menggunakan konsep geografi, pendekatan geografi juga dapat digunakan untuk mengkaji setiap fenomena geosfer yang terjadi di muka bumi. Pendekatan geografi terdiri dari tiga pendekatan, yaitu

  1. Pendekatan spasial (keruangan), merupakan pendekatan geografi yang ditinjau berdasarkan topik, aktivitas manusia, dan region atau wilayah.
  2. Pendekatan ekologi (kelingkungan), merupakan pendekatan geografi yang ditinjau berdasarkan hubungan antar makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya.
  3. Pendekatan kompleks wilayah, merupakan pendekatan geografi yang berupa gabungan dari pendekatan spasial (keruangan) dan pendekatan ekologi (kelingkungan).

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Geografi

Bab: Dasar-dasar Ilmu Geografi

Kode: 10.8.1