Benarkah mitokondria merupakan sel autotrofik yang ditelan oleh sel heterotrof? jelaskan!​

Posted on

Benarkah mitokondria merupakan sel autotrofik yang ditelan oleh sel heterotrof? jelaskan!​

Jawaban Terkonfirmasi

Mitokondria merupakan sel autotrofik yang ditelan oleh sel heterotrof adalah pernyataan yang salah. Asal usul mitokondria adalah diduga sel eukariotik anaerobik menelan sel prokariotik aerobic sehingga terjadi simbiosis mutualisme.

Pembahasan

Berikut uraian singkat mengenai teori evolusi asal-usul mitokondria.

Pada walnya sel prokariotik anaerobik berevolusi menjadi sel prokariotik aerobik. Sehingga terdapat 3 macam jenis sel di muka bumi yaitu sel prokariotik anaerobik, sel  prokariotik aerobik, dan sel eukariotik anaerobik

Dalam proses evolusinya, sel eukariotik anaerobik akan menelan sel prokariotik aerobik  selanjutnya sel prokariotik aerobik hidup dalam sel eukariotik anaerobik dan kemudian terjadi simbiosis mutualisme dalam sel inang berupa  sel prokariotik aerobik menjadi mitokondria di dalam sel inang,  yaitu berfungsi sebagai  organel penghasil energi.

Beberapa fakta yang mendukung teori asal usus mitokondria ini antara lain sebagai berikut:

  1. Mitokondria memiliki 2 lapisan membran, membran luar mitokondria diduga berasal dari membran sel inang, sedangkan membran dalam diduga  berasal dari bakteri aerobik.  
  2. Pada bakteri aerobik  yang memiliki mesosom sebagai penghasil energy, bentuk mesosom mirip seperti lekukan membrane dalam pada mitokondria yang disebut sebagai Krista.
  3. Struktur DNA pada mitokondria mirip dengan struktur DNA pada sel prokariotik
  4. Polipeptida yang disintesis di dalam mitokondriahanya  digunakan untuk mitokondria sendiri dengan struktur polipeptida yang berbeda dengan polipeptida pada sel inang.
  5. Mitokondria dapat membelah diri dan disebut sebagai organel otonom.

Berikut uraian singkat mengenai teori evolusi asal usul kloroplas.

Kloroplas terbentuk melalui proses endosimbiosis dimana sel heterotrof aerobik  akan menelan sel autotrof yang diduga berupa alga biru atau Cyanobacteria  yang dapat berfotosintesis sehingga terjadi hubungan simbiosis mutualisme dan terbentuk sel baru berupa  sel berkloroplas, berinti, memiliki mitokondria.

Beberapa fakta yang mendukung teori asal usus mitokondria ini antara lain sebagai berikut:

  1. Kloroplas memiliki membran rangkap dan membran luarnya mirip dengan struktur dari membran sel
  2. Beberapa spesies  Cyanobacteria memiliki membran fotosintetik, mirip tilakoid yang terdapat pada kloroplas.
  3. Di dalam kloroplas terdapat DNA dengan struktur yang mirip yang dijumpai pada bakteri fotosintetik.
  4. Kloroplas dapat melakukan pembelahan pembelahan.

Berikut uraian singkat mengenai teori asal usul makhluk hidup secara umum.

Teori asal usul kehidupan secara umum akan dibagi menjadi 3 yaitu teori abiogenesis, teori biogenesis dan teori biokimia.

Pelajari lebih lanjut tentang teori asal usul kehidupan di: brainly.co.id/tugas/4496977.

Teori abiogenesis secara singkat berbunyi makhluk hidup berasal dari benda mati. Tokoh teori abiogenesis yaitu Aristoteles, Anthony van Leuwenhoek dan Needham.

Aristoteles mengemukakan teori generatio spontanea yaitu munculnya makhluk hidup secara tiba-tiba misalnya cacing berasal dari lumpur, kecoa berasal dari sampah dapur rumah tangga, ikan berasal dari air, tikus berasal dari tumpukan kain di sudut ruangan dan lain sebagainya.

Teori Biogenesis secara singkat berbunyi makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya. Tokoh dari teori biogenesis yaituFransisco Redi, Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur.

Pelajari lebih lanjut tentang teori asal usul makhluk hidup biogenesis di: brainly.co.id/tugas/21051716.

Fransisco Redi melakukan percobaan menggunakan 3 buah toples kaca yang diisi dengan keratan daging dengan perlakuan ditutup rapat, dibiarkan dibuka dan ditutup dengan kain kasa.

Lazzaro Spallanzani melakukan percobaan dengan menggunakan 2 buah botol labu kaca yang diisi dengan kaldu kemudian dipanaskan dengan perlakuan ditutup rapat dan dibiarkan terbuka.  

Louis Pasteur melakukan percobaan dengan menggunakan 2 buah botol labu kaca yang dilengkapi dengan leher angsa yang diisi dengan kaldu dengan posisi tegak dan rebah

Teori biokimia secara singkat berbunyi senyawa organic berasal dari senyawa anorganik. Tokoh dari teori biokimia yaitu Oparin, Harold Urey dan Stanley Miller.

Oparin  Haldane mengemukakan teori bahwa senyawa organic berupa asam amino yang merupakan penyusun utama organisme berasal dari senyawa anorganik berupa karbon dioksida, metana, amonia, hidrogen, air dan dibantu sengatan listrik di atmosfer

Harold Urey mengemukakan teori bahwa senyawa organic berupa asam amino yang merupakan penyusun utama organisme berasal dari senyawa anorganik berupa metana, amonia, hidrogen, air dan dibantu sengatan listrik di atmosfer.

Stanley Miller merupakan tokoh yang melakukan percobaan untuk membuktikan teori teori pendahulunya.

Pelajari lebih lanjut tentang teori asal usul invertebrata dan teori endosymbiosis di: brainly.co.id/tugas/20976607.

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: biologi

Bab: evolusi

Kode: 12.4.7