Dalam mewujudkan persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia kita perlu mengembangkan sikap sebagai berikut, kecuali….

Posted on

5 poin

Menghormati suku bangsa, agama maupun budaya yang berbeda

Menganggap suku bangsanya paling baik dan unggul dari suku lain

Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara

Menerima keragaman yang ada sebagai kekayaan bangsa

Dalam mewujudkan persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia kita perlu mengembangkan sikap sebagai berikut, kecuali….

Jawaban:

Keberagaman Indonesia, dengan ribuan suku bangsa dan lebih dari 300 bahasa merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan milik bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan.

Menurut penelitian statistik yang dibuat Badan Pusat Statistik, melalui survei penduduk yang di lakukan tahun 2010,di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Struktur dan komposisi penduduk Indonesia menurut kelompok suku bangsa menurut Sensus Penduduk 2010 memperlihatkan Suku Jawa yang berasal dari Pulau Jawa bagian tengah hingga timur sebagai kelompok suku terbesar dengan populasi sebanyak 85,2 juta jiwa atau sekitar 40,2 persen dari populasi penduduk Indonesia.

Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.

Penjelasan: