Arti sahabat sejati berdasarkan 1samuel 18:2-1/4.​

Posted on

Arti sahabat sejati berdasarkan 1samuel 18:2-1/4.​

Jawaban Terkonfirmasi

Arti sahabat sejati menurut injil 1 Samuel 18: 1 – 4 adalah orang yang menganggap sahabatnya sebagai saudara kandungnya sendiri, mau mengorbankan diri demi sahabatnya, dan melindungi sahabatnya. Daud dan Yonatan memiliki persahabatan sejati yang tidak mencari keuntungan bagi diri mereka sendiri.

Pembahasan

ARTI SAHABAT SEJATI

Dalam injil 1 Samuel 18 ayat 1 – 4 menjelaskan hubungan antara Yonatan putra Raja Saul dengan Daud. Setelah Daud berhasil mengalahkan Goliat, Daud tinggal di istana untuk menceritakan kisahnya. Yonatan mengagumi kekuatan iman Daud dan menyukainya.

Yonatan dan Daud adalah dua orang yang berbeda latar belakang tetapi mereka saling mengasihi sebagai sahabat. Dalam agama Kristen, sahabat yang sejati adalah sahabat yang rela mengorbankan diri demi kepentingan sahabatnya. Sama seperti Yesus yang telah mengorbankan diri untuk kita sebagai sahabat-sahabatNya.

Dalam injil ini ditunjukkan sikap Yonatan:

  • Membela Daud di hadapan ayahnya.
  • Memberikan baju perangnya untuk Daud.
    Tujuannya supaya Daud aman terlidungi dengan baju perang Yonatan.
  • Memberikan pedang dan panahnya untuk Daud pergunakan.
    Yonatan menganggap alat perangnya akan membantu Daud saat berperang.

Terlihat Yonatan bersikap rela berkorban bagi Daud, melindungi Daud, dan mengasihi Daud seperti saudara kandungnya sendiri. Hal ini sangat berkesan bagi Daud sehingga saat Yonatan telah wafat, Daud menganggap anak Yonatan sebagai anaknya juga.

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban

Kelas : VIII

Mapel : Sosiologi

Bab :

Kode :

#AyoBelajar