ilmu nbiologi berkembang pesat di berbagai bidang kehidupan. salah satu cabang ilmu biologi yang termasuk ilmu terapan adalah bioteknologi. contoh penerapan bioteknologi di bidang lingkungan adalah

Posted on

ilmu nbiologi berkembang pesat di berbagai bidang kehidupan. salah satu cabang ilmu biologi yang termasuk ilmu terapan adalah bioteknologi. contoh penerapan bioteknologi di bidang lingkungan adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Mata pelajaran: biologi
Kelas: IX SMP
Kategori: bioteknologi
Kode kategori berdasar kurikulm KTSP: 9.4.6
Kata kunci: penerapan bioeknologi bidang lingkungan

Jawaban: 

Aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan digunakan antara lain untuk hal-hal sebagai berikut: 

1. pengolahan limbah minyak
Cladosporium resinae merupakan jamur yang sangat efektif mendegradasi plastik dan parafin, serta menguraikan minyak yang mencemari perairan. Bakteri lain yang juga dimanfaatkan dalam pengolahan limbah minyak adalah Acietobacter calcoaceticus. 
Bakteri pseudomonas putida juga dapat menguraikan ikatan hidrikarbon pada minyak bumi sehingga bakteri ini juga dapat mengatasi pencemaran karena tumpahan minyak di laut.

2. pengolahan limbah air
salah satu teknik yang digunakan dalam pengolahan limbah air adalah bioremidiasi (penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan). bakteri yang digunakan antara lain Pseudomonas, Nitrosomonas, Arthobacter, Azetobacter, Flavobacterium. 

3. pengolahan limbah plastik
bakteri yang dapat digunakan dalam pengolahan limbah plastik adalah Mrthylococcus capsulatus. Bakteri ini dapat membentuk alkena oksida yang digunakan untuk pembuatan plastik daur ulang dari bahan polietilen dan polipropilen. 

4. detoksifikasi air raksa pencemar
dalam proses detoksifikasi air raksa pencemar, digunakan tanaman transgenik berupa Arabidopsis thaliana, yang mampu menghasilkan gen bersifat detoksifikasi merkuri organik sehingga tidak membahayakan manusia.
 

5. Pemanfaatan Kotoran Ternak Sebagai Bahan Bakar
Kotoran hewan yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga bisa berubah menjadi biogas sangat bermanfaat menggantikan LPG dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari – hari akan gas.

6. Penanganan Pencemaran Udara
Terdapat banyaknya pohon akan membantu mengurangi karbondioksida karena tumbuhan merupakan penghasil oksigen yang baik, melalui solusi penghijauan.

(EK)

Semoga bermanfaat