kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. ketiga kegiatan ini saling berhubungan satu sama lain. jelaskan ketiga kegiatan tersebut dan manakah yang memiliki peranan paling penting. ! *

Posted on

kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. ketiga kegiatan ini saling berhubungan satu sama lain. jelaskan ketiga kegiatan tersebut dan manakah yang memiliki peranan paling penting. ! *

Jawaban:

1. kegiatan produksi.

Produksi adalah kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. produksi dibagi menjadi dua macam yaitu produksi barang dan produksi jasa. kegiatan produksi adalah usaha untuk menghasilkan atau menambah daya guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. contohnya perusahaan yang memproduksi barang-barang makanan seperti minyak goreng, tepung, dan lain lain.

produksi barang yaitu kegiatan menambah faedah dengan mengubah sifat dan bentuknya. Hal ini terdiri dari barang konsumsi dan barang modal. Barang konsumsi siap untuk dikonsumsi langsung,barang modal digunakan untuk menghasilkan barang berikutnya. Contohnya pembuatan kerajinan batok kelapa, membuat makanan dan kebutuhan lainnya. Sedangkan produksi jasa yaitu kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubah bentuknya. Contohnya sebuah pergelaran seni, angkutan barang, perbankan.

2. Kegiatan distribusi.

distribusi merupakan suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, waktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses deskripsi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat ,dan pengalihan hak milik.

contoh kegiatan distribusi yaitu kegiatan perdagangan di pasar ,toko ,minimarket, pelabuhan.

Kegiatan distribusi merupakan usaha menyalurkan atau menyebarluaskan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini peranan para pedagang sangat penting, karena penghubung antara produsen dengan konsumen, atau antara produsen dengan produsen lainnya. Kegiatan distribusi banyak dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran barang dan jasa. Dalam kehidupan ekonomi,kegiatan distributif tidak hanya sekedar membagi-bagikan atau menyalurkan barang, tetapi mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dari itu. Kegiatan itu antara lain meliputi pedagang, pengangkutan, penyimpanan, dan seterusnya sampai barang tersebut diterima oleh konsumen dalam keadaan baik. Dengan demikian, ruang lingkup aktivitas distribusi mencakup keseluruhan penanganan barang setiap tugas dari produsen sampai barang tersebut diterima oleh konsumen.

3. Kegiatan komunikasi.

konsumsi merupakan suatu tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur memanfaatkan suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. secara umum tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Fungsi dari konsumsi adalah agar kelangsungan hidup tetap terjaga. Konsumsi merupakan kegiatan yang menggunakan barang atau memenuhi dan melengkapi kebutuhan, baik yang berupa barang maupun bentuk jasa. Konsumen adalah orang yang telah menggunakan hasil produksi. merekalah yang sudah memakai dan menghabiskan olahan dari berbagai hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.contoh kegiatan konsumsi yaitu seperti kegiatan yang telah menggunakan bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari, kegiatan dalam menggunakan kendaraan kan, dan pakaian yang dipakai oleh konsumen untuk menutupi tubuh atau sekaligus sebagai bahan pokok utama kebutuhannya setiap rumah (bahan papan ) yang ditempati sebagai perlindungan dari gangguan dalam atau dari luar.

Sebenar nya semua kegiatan ini sangat lah penting dalam kegiatan ekonomi

Penjelasan:

Semoga bermanfaat dan membantu