Jelaskan perbedaan makelar dan komisioner ?

Posted on

Jelaskan perbedaan makelar dan komisioner ?

Jawaban Terkonfirmasi

Perbedaan makelar dan komisioner adalah Makelar ialah perantara pemasaran yang kegiatannya adalah mempertemukan pembeli dan penjual agar dapat melakukan transaksi atau kontrak jual beli. Sedangkan Komisioner ialah perantara penjualan dan pembelian yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan atas nama dirinya sendiri.

Penjelasan lebih lengkap akan kakak uraikan di bawah ini ya adik-adik… Stay tuned!

Halo adik-adik!!! Balik lagi di Brainly. Sekarang kakak akan kembali menjawab pertanyaan dari adik-adik. Nah, sebelumnya kakak juga pernah membahas mengenai saluran distribusi ini. Pada kesempatan kali ini akan kakak ulas ulang ya… Let’s get started!

Pembahasan

Distribusi merupakan penyebaran dan penyaluran barang dari produsen agar sampai ke tangan konsumen (saluran distribusi). Orang yang melaksanakan kegiatan penyaluran barang disebut Distributor. Tujuan penyaluran distirbusi adalah sebagai berikut :

1. Menyalurkan barang dari produsen untuk konsumen.

2. Meningkatkan jaminan sebuah produk dapat berlangsung secara kontinuitas.

3. Kebutuhan konsumen terhadap barang dan jasa dapat terpenuhi.

4. Supaya hasil produksi dapat lebih berguna untuk masyarakat.

Sistem saluran distribusi dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

1. Distribusi langsung, distribusi barang dan jasa tanpa menggunakan atau melalui perantara, penyalurannya langsung dari produsen kepada konsumen.

2. Distribusi semi langsung, distribusi dari produsen kepada konsumen dengan melalui pedagang perantara yang termasuk bagian dari produsen.

3. Distribusi tidak langsung, distribusi barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dengan melalui perantara, yaitu grosir, agen, komisioner, pedagang kecil, dan makelar.

Saluran Distribusi

Saluran distribusi merupakan lemaga tau orang yang kegiatannya menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Saluran distribusi dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

1. Pedagang

Pedagang merupakan lembaga atau orang yang melaksanakan kegiatan menjual dan membeli barang dengan tidak mengubah bentuk yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pedagang juga dibedakan menjadi :

• Pedagang Besar (Grosir atau Wholesaler), merupakan pedagang yang membeli suatu barang dan kemudian menjualnya kembali kepada pedagang lain yang lebih kecil.

• Pedagang Eceran (Retailer), merupakan pedagang yang membelin suatu barang dan kemudian menjualnya kembali langsung kepada konsumen.

2. Perantara Khusus

Perantara khusus tidak berbeda jauh dengan pedagang, karena peranta khusus juga menyalurkan suatu barang dari konsumen hingga ke tangan konsumen. Namun, perbedaannya terletak pada tanggungjawabnya. Perantara khusus tidak turut bertanggung jawab jika ada barang yang tidak laku dijual. Dibawah ini adalah beberapa yang meliputi perantara khusus, antara lain :

• Broker atau Makelar, adalah perantara pemasaran yang kegiatannya adalah mempertemukan pembeli dan penjual agar dapat melakukan transaksi atau kontrak jual beli.

• Agen atau Dealer, adalah perantara pemasaran atas nama perusahan yang kegiatannya adalah membantu perusahaan untuk menjual barang hasil produksinya pada suatu daerah tertentu.

• Eksportir, adalah pedagang yang melakukan kegiatan dengan menyalurkan barang, yaitu dari dalam ke luar negeri.

• Importir, adalah pedagang yang melakukan kegiatan dengan menyalurkan barang, yaitu dari luar ke dalam negeri.

• Komisioner, adalah perantara penjualan dan pembelian yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan atas nama dirinya sendiri.

Pelajari Lebih Lanjut

Okay adik-adik Demikianlah jawaban dari kakak, Semoga bisa membantu dan bermanfaat!! Semangat belajarnya ya adik-adik. Nah untuk menambah dan memperluas pengetahuan adik-adik tentang materi lainnya , kalian bisa buka link di bawah ini :  

Baca tentang “menjelaskan diagram mata rantai distribusi” di brainly.co.id/tugas/18047953  

Cek juga tentang soal ini “kegiatan yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi adalah” di brainly.co.id/tugas/18412466    

Baca juga mengenai “bagaimana peran alat transportasi dalam sistem distribusi” di brainly.co.id/tugas/18283392  

Semoga berhasil dan jangan lupa jadikan JAWABAN TERBAIK yaa!!!

Detail Jawaban

Kelas : 7

Pelajaran : IPS

Kategori : Bab 2 – Keadaan Penduduk Indonesia

Kode : 7.10.2002

Kata Kunci : distribusi, distributor, etika, saluran, makelar, komisioner.

Gambar Jawaban