Fungsi patung bj habibie?

Posted on

Bentuk patung bj habibie?
Bahan pembuatan patung bj habibie?
Teknik pembuatan patung bj habibie?
Dalam pelajaran seni budaya

Fungsi patung bj habibie?

Jawaban Terkonfirmasi
  1. Patung BJ Habibie berfungsi sebagai lambang penghormatan kepada Bapak BJ Habibie atas jasanya dibidang kedirgantaraan (penerbangan) di Indonesia.
  2. Bentuk patung BJ Habibie adalah bentuk tubuh Bapak BJ Habibie yang mengenakan pakaian adat Gorontalo. Patung menampilkan Bapak BJ Habibie sedang memegang pesawat R80.
  3. Bahan yang digunakan dalam pembuatan patung BJ Habibie adalah perunggu, serta gipsum dan fiber sebagai bahan pencetaknya.
  4. Pembuatan patung BJ Habibie menggunakan teknik cetak dan rakit.

Penjelasan

Patung BJ Habibie merupakan Sebuah patung setinggi 5,5 meter yang berada di Isimu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Lokasi berdirinya patung di Jalan Trans Sulawesi. Tepatnya di depan Bandar Udara Djalaludin, Gorontalo. Patung tersebut terbuat dari bahan logam jenis perunggu. Proses pembuatannya mulai Agustus 2018 hingga Mei 2019. Biaya pembuatanan patung ini mencapai 1,7 miliar rupiah.

Bentuk Patung BJ Habibie adalah postur Bapak Habibie yang sedang mengenakan pakaian Takuwa. Pakaian tersebut merupakan pakaian adat Gorontalo untuk bangsawan. Pose patungnya ialah Bapak BJ Habibie sedang memegang miniatur pesawat R 80. Pesawat R 80 merupakan pesawat yang dibuat langsung oleh Presiden Ke-3 Republik Indonesia ini.

Seniman yang membuat patung BJ Habibie adalah Soewardi dan Lutse Lumbert Daniel Morin dari Yogyakarta. Pembuat desainnya bernama M. Angga Restu Dinata. Beliau merupakan putra asli Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Teknik yang digunakan adalah teknik cetak dan rakit. Bahan logam perunggu yang menjadi bahan utama pembuatan patung dilelehkan terlebih dahulu. Lalu cairan perunggu dicetak dengan cetakan yang terbuat dari bahan gipsum dan fiber. Hasil cetakan merupakan bagian-bagian kecil dari patung. Kemudian baru disatukan dengan dirakit di lokasi pendirian patung.

Berdirinya patung BJ Habibie merupakan bentuk penghormatan dan rasa bangga masyarakat Gorontalo kepada Bapak BJ Habibie sebagai pura daerah yang berjasanya dibidang kedirgandataan (penerbangan) di Indonesia. Patung ini juga bertujuan untuk menginspirasi generasi muda. generasi muda dapat mencontoh beliau dengan belajar sungguh- sungguh dan meraih prestasi.

Pelajari lebih lanjut

  1. Bahan- bahan pembuatan patung  brainly.co.id/tugas/44817291
  2. Teknik pembuatan patung brainly.co.id/tugas/11228964

Detail jawaban

Kelas: 12

Matpel: Seni Budaya

Bab: Apresiasi Seni 3 Dimensi

Kode: 12.19.1

#AyoBelajar