Hal hal yang di lakukan dalam proses pemasukan data pada sig adalah

Posted on

Hal hal yang di lakukan dalam proses pemasukan data pada sig adalah

a. Akuisisi

Proses akuisisi merupakan proses pemasukan dan perekaman data yang kemudian diproses dalam komputer.

Langkah awal ini dilakukan dengan digitasi menggunakan perangkat keras (hardware), seperti meja digitizer, scanner, serta komputer.

Selain hardware, proses pemasukan data ini juga membutuhkan software. Salah satu software Sistem Informasi Geografis yang telah banyak digunakan oleh beberapa instransi di Indonesia adalah PC Arc Info.

Dengan menggunakan perpaduan antara hardware dan software proses pemasukan data bisa dilakukan.

b. Digitasi

Digitasi adalah proses pengubahan data geografi menjadi data vektor. Model data vektor menampilkan, menempatkan, dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garis, dan poligon. Data spasialnya didefinisikan oleh sistem koordinat kartesian.

c. Pembangunan Topologi Data

Hasil konversi data analog ke format digital melalui digitasi secara otomatis diperoleh topologi atau struktur data. Hasil digitasi sebelum mempunyai struktur topologi disebut data mentah dan belum bisa diproses untuk analisis.

d. Tabulasi

Tablasi adalah proses pemasukan data atribut melalui pembuatan tabel. Dari data tabulasi akan membentuk basis data dalam komputer untuk digunakan pada pengolahan selanjutanya.

e. Atribut

Apabila topologi data telah terbentuk, langkah selanjutnya adalah memberikan identitas (ID) atau label pada data-data tersebut.

f. Transformasi Koordinat

Transformasi koordinat adalah proses penyesuaian koordinat geografi pada hasil digital yang dilakukan sebelum atau sesudah proses editing.