Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Posted on

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Jawaban Terkonfirmasi

Cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas adalah dengan cara menggerakkan kaki naik turun secara bergantian dan cepat. Ketika menggerakkan kaki kedalam air atau kebawah dilakukan dengan kekuatan penuh atau keras.

Pembahasan

Renang gaya bebas adalah gerakan renang ynag paling cepat dan paling mudah dibandingkan dengan gaya lain seperti gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan lain-lain. Dalam melakukan renang gaya bebas, posisi tubuh yang harus diperhatikan adalah.

  1. Kepala menghadap kedasar kolam, mengambil nafas dengan cara menoleh kesatu arah samping.
  2. Dada menghadap kedasar kolam.
  3. Kedua tangan diayunkan kedepan.
  4. kedua kaki lurus dan digerakkan naik turun secara bergantian.
  5. Posisi badan sejajar dengan permukaan air.

Cara melakukan gerakan renang gaya bebas adalah.

1. Gerakan tangan.

Gerakan lurus kedepan. Masing-masing tangan diayunkan kearah depan dengan jari-jari yang rapat.

2. Gerakan kaki.

Cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas adalah dengan cara menggerakkan kaki naik turun secara bergantian dan cepat. Ketika menggerakkan kaki kedalam air atau kebawah dilakukan dengan kekuatan penuh atau keras agar menambah dorongan bagi tubuh. Gerakan kaki terpusat pada pangkal paha.

3. Pernafasan.

Pernafasan dilakukan dengan menolehkan kepala kearah samping dan mengambil nafas melalui mulut. gerakan mengambil nafas harus dilakukan dalam satu arah saja, tidak boleh bergantian.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang tujuan renang gaya bebas brainly.co.id/tugas/7863414

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 9 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 19 – Renang Gaya Bebas

Kode: 9.22.19

Kata Kunci: renang gaya bebas, gerakan kaki.

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian "dicambukkan" naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.