Plis bantuin jawab kak ..​

Posted on

Plis bantuin jawab kak ..​

Plis bantuin jawab kak ..​

Jawaban:

1.Banyak contoh dicovery dan invention yang dapat kita lihat dalam perkembangan kehidupan masyarakat, dimana kondisi tersebut juga berpengaruh pada perubahan sosial budaya. Namun sebelum kita bahas mengenai contoh discovery dan invention beserta pengaruhnya, perlu di pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan discovery dan invention itu sendiri. Beberapa ahli memberikan pengertiannya mengenai konsep discovery dan invention, diantaranya adalah:

Ralph Linton

Ralph Linton memberikan pengertian mengenai discovery sebagai suatu penemuan yang memiliki sifat sebagai suatu penambahan terhadap pengetahuan yang ada. Sedangkan invention sebagai suatu proses penerapan terhadap penambahan pengetahuan tersebut.

Hariso

Menunrut Harison, discovery merupakan suatu penemuan terhadap suatu benda atau materiil baru yang masih bersifat dasar atau belum memiliki suatu bentuk tertentu. Sedangkan invention merupakan suatu penemuan terhadap benda atau materiil yang masih sederhana tetapi sudah memiliki bentuk tertentu.

Parsudi Suparlan

Pengertian terakhir diberikan oleh Parsudi Suparlan yang menyebutkan bahwa discovery merupakan suatu penemuan persepsi baru menyangkut hakikat suatu gejala atau pun hubungan beberapa gejala. Sedangkan invention diartikan sebagai suatu ciptaan baru yang berupa suatu benda atau pengetahuan melalui proses penggabungan pengetahuan-pengetahuan yang bersangkutan yang telah ada sebelumnya.

2.Ajaib

Ajaib

Daftar

Milenial

Begini Pengertian dan Contoh Inovasi di Dalam Kehidupan

Gisela Niken

October 18, 2020

Contoh Inovasi

Contoh Inovasi

Ajaib.co.id – Untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang ada pada diri setiap orang, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satu hal yang dimaksud adalah dengan melakukan inovasi. Inovasi di dalam kehidupan tentu memiliki berbagai jenis yang dapat dilakukan. Salah satu contoh inovasi adalah mengubah standar hidup ke arah yang lebih baik dan menjadi lebih mudah seperti untuk menciptakan penghasilan dengan membuka usaha atau bisnis.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan inovasi itu sendiri dan contoh inovasi yang ada dalam kehidupan? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut mengenai pengertian dan contoh inovasi dalam kehidupan yang dapat kamu pahami untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pengertian Inovasi

Pada dasarnya, inovasi merupakan suatu tindakan dalam menghasilkan sesuatu atau gebrakan yang baru dan berbeda pada umumnya. Inovasi sendiri diidentikkan dengan generasi muda yang dapat menghasilkan ide-ide inovatif, menarik, dan beda dari yang lain. Padahal, inovasi tentu ada di diri setiap orang dan sifatnya abadi.

Contoh inovasi sederhana bagi para generasi muda khususnya milenial adalah penggunaan kosa kata gaul yang membuat interaksi antar sesamanya lebih berbeda dan menarik. Walaupun tidak memiliki dampak besar, namun dengan menggunakan kosakata tersebut secara tidak langsung akan membentuk ikatan relasi lebih dekat dan banyak.

Menurut para ahli, inovasi merupakan suatu contoh di mana kreativitas, daya cipta, serta inisiatif yang kuat mampu menghasilkan sesuatu, baik secara materi atau non materi dan dianggap lebih baik dari penemuan yang sudah ada sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa inovasi hadir dalam menciptakan suatu kemudahan baru yang bermanfaat bagi kehidupan manusia melalui ide-ide inovatif.

3.Invention adalah usaha yang disengaja dan sungguh- sungguh untuk memperoleh hal-hal baru. Sebelum menciptakan sesuatu barang biasanya dilakukan uji coba berkali-kali sampai ditemukan unsur baru yang benar-benar bagus.

Unsur baru ini kemudian mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Invention tidak hanya terbatas pada penemuan teknologi baru, tetapi juga dalam bidang pemerintahan, hukum, pendidikan, hubungan keluarga, ekonomi, moral, dan sebagainya.

Perlu diingat, bahwa setiap penciptaan baru selalu berdasarkan pada hal-hal yang sudah ada atau penemuan sebelumnya. Kemajuan teknologi saat ini dikembangkan di atas dasar teknologi masa lalu. Pengetahuan yang kita miliki sekarang merupakan perkembangan dari pengetahuan-pengetahuan sebelumnya.

Penciptaan sesuatu yang baru bukan berarti telah tercipta sesuatu yang sama sekali baru, yang sebelumnya tidak ada.

Contohnya, penemuan pupuk sintesis didasari oleh pemakaian pupuk kandang sebelumnya. Begitu pula pemberantasan hama dan mekanisasi pertanian. Semua itu terjadi berdasarkan penemuan-penemuan sebelumnya.

Penjelasan:

maaf kalo salah