Citra pengindraan jauh dapat memberikan data Yang di butuhkan di bidang survei Dan pemetaan. Data Dari citra penginderaan jauh mendukung pembuatan?

Posted on

Citra pengindraan jauh dapat memberikan data Yang di butuhkan di bidang survei Dan pemetaan. Data Dari citra penginderaan jauh mendukung pembuatan?

Citra pengindraan jauh dapat memberikan data yang dibutuhkan dalam bidang survei dan pemetaan. Data Dari citra penginderaan jauh mendukung pembuatan informasi spasial.

Pembahasan

Pemanfaatan foto udara atau citra hasil penginderaan untuk kegiatan pemetaan merupakan kegiatan yang umum dilakukan saat ini. Data dari citra penginderaan jauh mendukung pembuatan informasi spasial. Informasi spasial yang disajikan dalam peta citra merupakan data raster yang bersumber dari hasil perekaman citra satelit secara kontinu.  

Tahapan dalam pemetaan dan survei menggunakan citra hasil penginderaan jauh dengan membuat pola dengan menggunakan data citra hasil penginderaan jauh yang diawali dengan penggabungan foto udara dalam bentuk mozaik guna membatasi wilayah yang akan dipetakan.  

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi citra hasil penginderaan jauh untuk kegiatan dalam bidang pemetaan misalnya untuk pemetaan daerah rawan banjir. Beberapa keunggulan pemetaan menggunakan teknologi citra hasil penginderaan jauh antara lain :

  1. Hasil citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memetakan daerah yang sangat luas dengan cepat dimana pemetaan manual biasanya hanya digunakan untuk memetakan daerah yang sangat sempit.
  2. Membutuhkan biaya yang lebih murah.
  3. Dapat memetakan bermacam-macam peta tematik sekaligus.
  4. Proses pembuatan lebih cepat.

Pelajari lebih lanjut

Manfaat penginderaan jauh dalam bidang transportasi laut brainly.co.id/tugas/21144905

Detil Jawaban  

Kelas: XII

Mapel: Geografi

Bab: Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh dan SIG

Kode: 12.8.3

Kata Kunci: Manfaat Penginderaan Jauh, Bidang Survei dan Pemetaan