Mengapa hukum penawaran menunjukkan sifat keterkaitan antara jumlah penawaran berbanding sejajar dengan tingkat harga?

Posted on

Mengapa hukum penawaran menunjukkan sifat keterkaitan antara jumlah penawaran berbanding sejajar dengan tingkat harga?

Jawaban Terkonfirmasi

Hukum penawaran menunjukkan sifat keterkaitan antara jumlah penawaran berbanding sejajar dengan tingkat harga hal tersebut dikarenakan jika harga suatu barang atau jasa naik maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan akan mengalami kenaikan pula

Pembahasan

Penawaran adalah proses menawarkan suatu barang atau jasa yang dilakukan oleh produsen atau penjual pada suatu waktu dan tingkat harga tertentu.  

Elastisitas penawaran adalah kepekaan atau kelenturan penawaran dalam menghadapi  terjadinya suatu perubahan harga. Berikut terdapat beberapa jenis elastisitas penawaran, diantaranya :

a.Penawaran elastis. Penawaran elastis dapat terjadi apabila persentase perubahan harga lebih kecil dari persentase perubahan penawaran.  

b.Penawaran inelastis. Penawaran inleastis dapat terjadi apabila perubahan harga tidak berpengaruh terhadap jumlah produk yang ditawarkan.

c.Penawaran inutary. Penawaran inutasry dapat terjadi apabila persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga.

d.Penawaran elastis sempurna. Penawaran elastis sempurna dapat terjadi adanya perubahan penawaran yang terus terjadi tanpa disebabkan adanya perubahan harga.  

e. Penawaran dengan koefisien inelastis sempurna dapat terjadi disebabkan adanya perubahan harga yang terjadi pada suatu barang atau produk tidak mempengaruhi perubahan penawaran. Penawaran inleastis sempurna biasanya terjadi pada produk yang jumlah atau kuantitas dari produk tersebut sudah tidak dapat ditambah lagi atau produksinya sudah mencapai titik minimum.

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian penawaran brainly.co.id/tugas/2018682

2. Jenis-jenis penawaran brainly.co.id/tugas/11378426

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran brainly.co.id/tugas/6329293

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi  

Bab : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi  

Kode : 10.12.2

Kata Kunci : Penawaran