Sebutkan contoh cara pengumpulan data! ( Matematika data Statistika )​

Posted on

Sebutkan contoh cara pengumpulan data! ( Matematika data Statistika )​

Jawaban Terkonfirmasi

Cara pengumpulan data adalah tes, pencatatan, angket, kuisioner, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi .

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Diketahui :

– Data Statistika

Ditanya :

Bagaimana cara pengumpulan data ?

Jawab :

Berdasarkan jenisnya data dapat dibedakan menjadi 2 yaitu data kuantitatif dan data kualitatif .

– Data Kuantitatif merupakan data yang  menunjukkan ukuran dari data yang diamati . Data Kuantitatif  ini dibedakan menjadi 2 yaitu data diskrit dan data kontinu.

a. Data diskrit merupakan data yang diperoleh dengan menghitung banyaknya objek yang diamati secara langsung. Contohnya banyak siswa yang nilainya tidak tuntas pada mata pelajaran Matematika . Data diskrik dapat diperoleh dengan cara pengumpulan dengan menggunakan dengan test yang diberikan kepada objek .

b. Data Kontinu merupakan data yang diperoleh dengan cara mengukur objek yang diamati . Contohnya seperti mengukur tinggi badan siswa . Cara pengumpulan data ini diperoleh dengan cara pencatatan .

– Data Kualitatif merupakan data yang menunjukkan sifat atau keadaan suatu objek yang tidak dapat diukur secara numerik. data Kualitatid dibedakan menjadi 2 yaitu data nominal dan data ordinal.

a. Data nominal adalah data yang memerlukuna subbagian untuk menglengkapi data deskripsi yang lain. Contoh makanan favorit : bakso, mie ayam, nasi goreng, bakmi goreng . Cara pengumpulan data ini dapat diperoleh dengan cara kuisioner atau angket .

b. Data ordinal adalah data yang memerlukan pemeriksaan untuk mendeskripsikan data. Contoh kecepatan siswa dalam menjawab pertanyaan . Cara pengumpulan data ini dapat diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara .

Kesimpulan :

Jadi, cara pengumpulan data pada statistika dapat diperoleh dengan cara test, pencatatan, kuisioner, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara.

Pelajari lebih lanjut

1. Pelajari lebih lanjut tentang pengertian statistika brainly.co.id/tugas/2721480

2. Pelajari lebih lanjut tentang pengumpulan statistika brainly.co.id/tugas/39179715

3. Pelajari lebih lajut tentang metode pengumpulan data brainly.co.id/tugas/9342711

Detail Jawaban

Kelas : 9

Mapel : Matematika

Bab : Statistika

Kode : 9.2.6

#AyoBelajar