Jelaskan dan uraikan secara rinci faktor faktor apa saja yang menjaga keseimbangan cairan tubuh manusia

Posted on

Jelaskan dan uraikan secara rinci faktor faktor apa saja yang menjaga keseimbangan cairan tubuh manusia

Jawaban:

TUBUH manusia terdiri atas air sekitar 60%. Pada seorang pria dengan berat badan rata-rata 70 kg, hal tersebut menandakan terdapat 42 liter air.

Banyaknya cairan tubuh diatur dengan baik karena pengaturan kadar cairan tubuh merupakan hal penting. meskipun kita dapat hidup beberapa minggu tanpa makanan, kita tidak dapat hidup lebih dari beberapa hari tanpa cairan.

Cairan dan elektrolit sangat diperlukan dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh adalah merupakan salah satu bagian dari fisiologi homeostatis.

Keseimbangan cairan dan elektrolit melibatkan komposisi dan perpindahan berbagai cairan tubuh. Cairan tubuh adalah larutan yang terdiri dari air (pelarut) dan zat tertentu (zat terlarut). Elektrolit adalah zat kimia yang menghasilkan partikel-partikel bermuatan listrik yang disebut ion jika berada dalam larutan.

Cairan dan elektrolit masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, dan cairan intravena (IV) dan di distribusi ke seluruh bagian tubuh. Keseimbangan cairan dan elektrolit berarti adanya distribusi yang normal dari air tubuh total dan elektrolit ke dalam seluruh bagian tubuh.

Keseimbangan cairan dan elektrolit saling bergantung satu dengan yang lainnya; jika salah satu terganggu maka akan berpengaruh pada yang lainnya.

Cairan tubuh dibagi dalam dua kelompok besar yaitu cairan intraseluler da ekstraseluler. Cairan intraseluler adalah cairan yang berada di dalam sel di seluruh tubuh, sedangkan cairan akstraseluler adalah cairan yang berada di luar sel dan terdiri dari tiga kelompok yaitu: cairan intravaskuler (plasma), cairan interstitial dan cairan transeluler.

Cairan intravaskuler (plasma) adalah cairan di dalam sistem vaskuler, cairan intersitial adalah cairan yang terletak di antara sel, sedangkan cairan traseluler adalah cairan sekresi khusus seperti cairan serebrospinal, cairan intraokuler, dan sekresi saluran cerna.

Perubahan komposisi dan volume cairan tubuh yang disebabkan oleh gangguan keseimbangancairan danelektrolit disebabkan oleh berbagai macam keadaan atau penyakit. Sebagian besar gangguan ini disebabkan oleh penyakit saluran cerna.

Pengeluarantidak normal seperti stoma, aspirasi nasogastrik, diare berkepanjangan, luka bakar, harus dianalisa dan diukur secara benar untuk menghitung jumlah cairan yang diperlukan. Kekurangan cairan dan elektrolit biasanya akibat kehilangan normal atau berlebihan atau penurunan pemasukan normal. Salah satu contoh penyakit saluran cerna adalah muntah dan diare.