jelaskan berdasarkan bahasa anda sendiri filosofi tata letak bangunan candi Prambanan Dieng dan Penataran​

Posted on

jelaskan berdasarkan bahasa anda sendiri filosofi tata letak bangunan candi Prambanan Dieng dan Penataran​

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban

Filosofi tata letak bangunan Candi Prambanan dan Penataran adalah

• Candi Prambanan memiliki filosofi yaitu Candi Prambanan didirikan pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya. Candi Prambanan terdapat candi-candi kecil didepan, dan tiga candi besar berada di belakang candi-candi kecil.

• Candi Penataran memiliki filosofi yaitu Candi Penataran disebut sebagai Candi Palah. Candi Palah dibangun dengan latar belakang Gunung Kelud.

Penjelasan

Filosofi Candi Prambanan yaitu Candi Prambanan didirikan pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya. Candi Prambanan terdapat candi-candi kecil didepan, dan tiga candi besar berada di belakang candi-candi kecil. Candi-candi kecil memiliki makna yaitu daerah-daerah taklukan dan candi besar adalah pemerintahan pusat. Candi kecil pada candi prambanan memiliki wilayah taklukan dan memiliki struktur pemerintahan sendiri tetapi tetap tunduk kepada candi besar. Dan dinasti sanjaya adalah suatu kerajaan yang memiliki kawasan atau taklukan yang luas dengan daerah taklukannya dan mempercayai pemimpin-pemimpin daerah taklukannya tersebut.

Filosofi Candi Penataran yaitu Candi Penataran disebut sebagai Candi Palah. Candi Palah dibangun dengan latar belakang Gunung Kelud. Berlatar belakang Gunung Kelud karena bertujuan untuk tempat memuja gunung. Pemujaan terhadap Gunung Kelud bertujuan untuk menangkal bahaya dan menghindarkan diri dari petaka yang dapat ditimbulkan oleh gunung tersebut. Seluruh areal Panataran, kecuali halaman yang berada di bagian tenggara, terbagi oleh dua jalur dinding yang melintang dari utara ke selatan menjadi tiga bagian.

Pelajari Lebih Lanjut

Sejarah Candi Prambanan

brainly.co.id/tugas/5212669

Fungsi Candi Penataran

brainly.co.id/tugas/22348652

Sejarah Candi Penataran

brainly.co.id/tugas/20904584

Detil Jawaban

Kelas : SMP

Mapel : Sejarah

Kode : –

Kata kunci : Candi Prambanan dan Candi Penataran