Pilih salah satu buku fiksi atau non fiksi di rumah anda dan buatlah dalam bentuk resensi berikut​

Posted on

Pilih salah satu buku fiksi atau non fiksi di rumah anda dan buatlah dalam bentuk resensi berikut​

Pilih salah satu buku fiksi atau non fiksi di rumah anda dan buatlah dalam bentuk resensi berikut​

Jawaban:

Contoh Resensi Buku Fiksi

Cerita Rayat Nusantara 1

Identitas Buku

Jenis buku : fiksi

Judul buku: Cerita Rayat Nusantara 1

Penulis: Tim Erlangga For Kids

Penerbit: Erlangga

Tahu terbit: 2016

Jumlah halaman: 67 halaman

Sinopsis Buku

Buku ini menceritakan beberapa cerita rakyat, salah satunya ialah Asal Mula Bunga Kemuning yang berasal dari daerah Jawa Tengah, didalamnya menceritakan tentang seorang raja yang bijaksana memiliki sepuluh putri yang cantik.

Masing-masing putrinya bernama putri Jambon, Hijau, Jingga, Nila, Merah, Kelabu, Oranye, Biru, Putih dan putri yang bungsu bernama putri Kuning. Mereka tumbuh menjadi anak yang manja, malas dan tidak mau belajar. Namun, tidak dengan putri Kuning, ia menjadi anak yang rajin belajar dan bekerja.

Suatu ketika sang ayah akan pergi, kakak-kakak putri Kuning menginginkan sesuatu yang mahal untuk menjadi oleh-oleh ketika ayahnya pulang, lain dengan putri Kuning ia meminta ayahnya pulang dengan selamat saja. Ketika pulang ayah membawakan membawakan semuContoh Resensi Buku Fiksi

1. Contoh Resensi Buku Fiksi Cerita Rayat Nusantara 1a putrinya oleh-oleh yang diinginkan termasuk putri Kuning. Ia mendapat kalung permata yang indah berwarna hijau, salah satu kakaknya merasa iri dan ingin memiliki kalung tersebut.

Pada akhirnya kakak-kakak putri berusaha mengambil kalung itu namun, ia tetap mempertahankanya. Salah satu kakaknya memukul kepala putri hingga putri Kuning meninggal. Mereka menguburnya di taman istana. Hingga suatu hari raja melihat tanaman yang belum pernah ia lihat, bunganya yang putih kekuningan sangat harum mengingatkan raja pada anaknya putri Kuning dan raja memberi nama tanaman itu bunga kemuning

Kelebihan Buku

  • Banyak pesan-pesan moral yang bisa kita ambil dalam cerita-cerita rakyat yang disediakan
  • Kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca

Kekurangan Buku

  • Dalam penggunaan kata ada beberapa yang seharusnya tidak digunakan, misalnya “Ketika kakak-kakaknya mengajaknya bermain…” seharusnya “Ketika kakak-kakaknya mengajak bermain…”.

Rekomendasi

buku ini cocok untuk anak yang suka dongeng

Contoh Resensi non-fiksi

Buku Super Genius Olimpiade Matematika

Identitas Buku

Judul buku: Super Genius Olimpiade Matematika

Pengarang: Nikenasih Binatari, M.Si

Penerbit: Pustaka Widyatama

Tahun terbit: 2008

Jumlah halaman: 216

Sinopsis Buku

Soal-soal olimpiade adalah jenis soal yang berbeda dengan materi pelajaran yang biasa disuguhkan di sekolah. Soal-soal olimpiade bidang matematika biasanya memerlukan kekritisan dan kecermatan dalam berpikir. Oleh sebab itu, buku ini disusun untuk membantu memberikan arahan menjawab soal-soal olimpiade.

Buku Super Genius OLIMPIADE MATEMATIKA ini berisikan materi-materi utama dalam olimpiade matematika tingkat SMP. Materi-materi tersebut telah di rangkum dalam beberapa bab yakni:

Bab I, Tips dan Trik untuk memecahkan soal olimpade matematika.

Bab II, Teori Bilangan.

Bab III, Aljabar.

Bab IV, Geometri.

Bab V, Kombinatorika, Peluang, dan Statistika

Dalam setiap babnya, disertai dengan latihan-latihan soal dan pembahasannya secara lengkap. Buku ini juga dilengkapi dengan paket soal-soal seleksi olimpiade regional, Nasional, dan Internasional tahun- tahun sebelumnya.

Kelebihan Buku

  • Materi pelajaran sangatlah lengkap
  • Materi-materi disajikan secara sederhana, sehingga dapat mempermudah pembaca untuk menguasai materi yang sedang dibahas

Kekurangan Buku

  • Seharusnya dalam buku ini menampilkan gambar-gambar yang bisa menarik minat pembaca agar mau membaca buku ini
  • Dalam buku ini terdapat beberapa kesalahan percetakan seperti ada beberapa tulisan yang berpindah dari halaman asalnya ke halaman lainnya

Rekomendasi

buku ini cocok untuk orang yang ingin belajar olimpiade matematika

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban