peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional Jelaskan alasannya ​

Posted on

peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional Jelaskan alasannya ​

Jawaban Terkonfirmasi

Peristiwa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional adalah peristiwa lahirnya organisasi Boedi Utomo yang berdiri pada 20 Mei 1908. Sejak saat itu Hari Kebangkitan Nasional selalu diperingati setiap tanggal 20 Mei hingga saat ini.

Pembahasan

Hari Kebangkitan Nasional atau dikenal dengan Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada tahun 1908.

Namun, harkitnas tidak lantas ditetapkan pada tahun tersebut, melainkan ditetapkan pada tahun 1948 atau dua puluh tahun setelahnya oleh Soekarno. Penetapan ini bertujuan untuk mengenang Boedi Utomo, sebagai organisasi pemersatu bangsa pada masa awal kemerdekaan.

Pada awal berdirinya, organisasi Boedi Oetomo yang digagas oleh Wahidin Soedirohoesodo ini hanya bergerak pada bidang sosial dan budaya. Sejumlah sekolah bernama Boedi Oetomo didirikan untuk memajukan kebudayaan Jawa. Anggota Boedi Oetomo pun terdiri dari kalangan yang berasal dari suku Jawa dan Madura. Organisasi ini mulai bergerak di bidang politik pada tahun 1915 karena dipicu oleh Perang Dunia I.

Pada tahun 1920, organisasi Boedi Oetomo mulai menerima anggota dari kalangan masyarakat biasa. Hal ini menandakan organisasi Boedi Oetomo telah menjadi organisasi pergerakan rakyat. Organisasi Boedi Oetomo pun mulai membuka keanggotaannya untuk seluruh rakyat Indonesia pada tahun 1930. Dalam perjalanannya, organisasi Boedi Oetomo memiliki tujuan nasionalisme yaitu mendorong kemerdekaan Indonesia.

Dr. Soetomo selaku pendiri organisasi ini adalah tokoh intelektual yang melek akan pendidikan dan kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, tujuan utama organisasi Boedi Utomo adalah mengusahakan perbaikan dan pendidikan merata yang bertujuan untuk menanamkan semangat nasionalisme pada rakyat Indonesia agar dapat membebaskan diri dari penjajahan Belanda pada saat itu.

Pendirian organisasi ini sempat mendapatkan pro dan kontra. Namun seiring berjalannya waktu, Boedi Utomo berhasil mendapatkan dukungan penuh dari kalangan cendekiawan, serta dapat mengembangkan tujuan organisasinya ke berbagai daerah.

Pada dasarnya, tujuan tersirat dari dibentuknya Boedi Utomo adalah untuk mengangkat kehormatan bangsa yang pada saat itu sedang mengalami masa penjajahan.

Boedi Utomo runtuh pada tahun 1935, yang disebabkan oleh tekanan dari pemerintah kolonial Belanda. Namun perjuangannya sebagai pergerakan nasional dalam meraih kebangsaan akan selalu kita kenang dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional setiap tanggal 20 Mei.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Materi tentang sejarah kebangkitan nasional pada brainly.co.id/tugas/5008435
  2. Materi tentang sejarah berdirinya organisasi Boedi Utomo pada brainly.co.id/tugas/2789320#:~:text=Budi%20Utomo%20adalah%20organisasi%20yang,Utomo%20adalah%20Dr.%20Wahidin%20Sudirohusodo.
  3. Materi tentang latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional pada brainly.co.id/tugas/39230477

Detail Jawaban :

  1. Kelas : 11
  2. Bab : 3, Perjuangan Nasional di Indonesia
  3. Mapel : Sejarah
  4. Kode : 11.3.3

#TingkatkanPrestasimu