Jelaskan fungsi lembaga agama dalam rangka mengembangkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia

Posted on

Jelaskan fungsi lembaga agama dalam rangka mengembangkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia

Fungsi lembaga agama dalam rangka mengembangkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia antara lain yaitu sebagai sumber pencerahan masyarakat berkenaan dengan tuntunan dan pedoman hidup, dan sebagai pusat koordinasi komunikasi antar agama dalam masyarakat.  

Pembahasan :

Di Indonesia terdapat beberapa agama yang diakui, yaitu diantaranya Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hu chu. Perbedaan pandangan antar umat kerap terjadi dan terlebih lagi dapat menimbulkan masalah yang lebih besar ketika tidak bisa dibendung. Oleh karena itu disinilah peran lembaga agama dimulai.  

Tuntunan dan pedoman hidup – Ketika seseorang mempercayai suatu agama tertentu, maka biasanya akan mengamalkan pedoman-pedoman yang diberikan dalam agama tersebut. Sebagai contoh seorang muslim mengamalkan ayat-ayat dalam Al Qur’an. Untuk memahami isi kitab suci Al Qur’an tersebut, biasanya digelar pengajian yang diketuai oleh seorang kyai (orang yang memiliki pengetahuan agama lebih banyak dari pada orang lain). Dan biasa kegiatan-kegiatan seperti ini dibawah koordinasi dari lembaga keagamaan terkait. Sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalah pahaman dalam mengartikan pedoman hidup tersebut.  

Sarana komunikasi antar umat beragama – Ketika toleransi antar umat beragama di suatu negara yang mengakui lebih dari satu agama tidak berjalan baik, maka dapat diindikasikan sebagai awal kehancuran persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai contoh Indonesia, ketika salah satu kelompok umat muslim diadu domba dengan kelompok umat Kristen, dan kemudian saling terpancing, maka kelompok-kelompok lain akan juga ikut terpancing untuk saling bertengkar. Mungkin bisa jadi karena permasalahan sepele atau sesuatu yang belum jelas kebenarannya, namun banyak memakan korban manusia. Hal semacam ini membutuhkan peran aktif lembaga keagamaan untuk dapat mengatur umatnya agar lebih bijaksana dalam menanggapi permasalahan hidup melalui pembinaan-pembinaan keagamaan.  

Masyarakat Indonesia harus mampu menyadari kehidupan di negara ini  memiliki beraneka ragam agama, suku maupun adat sehingga masyarakat  harus mampu bertoleransi dengan keanekaragaman tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Agama

Bab: Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Kode: 11.14.11

Kata kunci:  Toleransi, Lembaga agama, Suku, Ras, Adat, Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Konghuchu