Garis khayal yang melingkari bumi secara vertikal dan horizontal adalah

Posted on

Garis khayal yang melingkari bumi secara vertikal dan horizontal adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Garis khayal yang melingkari bumi secara vertikal adalah garis bujur

Garis khayal yang melingkari bumi secara horizontal adalah garis lintang

Pembahasan:

Bumi dibagi oleh garis khayal (imajiner) yang berupa garis lintang dan bujur.

Garis Bujur melingkati bumi secara vertikal (tegak) dan menentukan lokasi apakah berada di bagian belahan bumi barat atau timur. Titik acuan garis bujur, atau 0 derajat, ditarik dari Greenwich di London, lokasi observasi para ilmuwan Inggris pada masa lalu.

Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan garis lintang dan bujur di: brainly.co.id/tugas/3000478

Di bagian bumi yang terletak di bagian barat Greenwich, terdapat Garis Bujur Barat, sementara pada bagian bumi yang terletak di bagian timur Greenwich, terdapat Garis Bujur Timur. Garis-garis bujur ini bertemu laki di Samudera Pasifik pada 180 derajat Bujur Timur dan 180 derajat bujur barat.  

Akibat rotasi Bumi pada orbitnya ini, terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur (pada daerah bujur timur) Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu. Perbedaan ini menyebabkan terjadinya zona waktu.

Garis Lintang melingkati bumi secara horizontal (mendatar) dan menentukan lokasi relatif terhadap garis Khatulistiwa, apakah suatu lokasi itu di belahan bumi selatan atau utara.

Garis Khatulistiwa adalah yang melintasi bumi dan membagi bumi menjadi dua bagian. Garis Khatulistiwa ini merupakan garis 0 pada posisi Lintang Utara dan Lintang Selatan, sementara Kutub Utara adalah titik 90 derajat Lintang Utara dan Kutub Selatan adalah 90 derajat Lintang Selatan.

Dari Garis Khatulistiwa, semakin ke utara atau selatan dan mendekati Kutub Utara atau Kutub Selatan, maka panjang Garis Lintang semakin mengecil.

Pelajari lebih lanjut hubungan garis lintang, garis bujur, dan garis katulistiwa di: brainly.co.id/tugas/11158359

Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan zona waktu di: brainly.co.id/tugas/514746

——————————————————————————

Detail Jawaban:

Kelas: X        

Kode: 10.8.1

Mata pelajaran: Geografi        

Materi: Bab 1 – Dasar-Dasar Ilmu Geografi