Apa saja gerrakan berpindah tempat

Posted on

Apa saja gerrakan berpindah tempat

Jawaban Terkonfirmasi

Contoh gerakan berpindah tempat adalah berjalan, berlari, melompat, dan berguling.

Pembahasan

Gerak dasar adalah suatu pola gerakan yang mendasari suatu gerak mulai dari gerakan yang sederhana hingga gerakan yang kompleks. Gerak dasar meliputi tiga gerakan yakni gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif. Berikut penjelasan dari ketiga gerakan tersebut.

1. Gerak lokomotor.

Gerak lokomotor adalah gerakan yang ditandai adanya perpindahan dari satu titik ke titik yang lain. Contoh dari gerak lokomotor adalah berjalan, lari, melompat, dan berguling. Gerakan ini merupakan gerakan yang sangat penting untuk manusia melakukan transportasi atau berpindah tempat.

2. Gerak non lokomotor.

Gerak non lokomotor adalah gerakan yang ditandai tanpa adanya perpindahan atau minim terjadi perpindahan tempat. Contoh dari gerakan non lokomotor adalah menoleh, membungkuk, meliukkan badan, dan memutar sendi tangan.

3. Gerak manipulatif.

Gerak manipulatif adalah gerak yang memerlukan alat bantu. Contoh dari gerak manipulatif adalah menangkap, melempar, dna memukul. Gaya manipulatif terdiri dari dua kualifikasi, yakni receptive dan propulsive. Receptive adalah keterampilan menerima suatu objek. Propulsive adalah penerapan gaya terhadap suatu objek atau alat.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang gerak lokomotor yang terdapat dalam permainan bola voli brainly.co.id/tugas/12002682

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 5 – Aktivitas Kebugaran Jasmani

Kode: 7.22.5

Kata Kunci: gerakan berpindah tempat, gerak dasar.