Tanaman yang merupakan keanekaragaman tingkat gen adalah​

Posted on

Tanaman yang merupakan keanekaragaman tingkat gen adalah​

Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman antar individu dalam satu jenis

Contoh : Keanekaragaman pada Mangga ( Mangifera indica) : Mangga harum manis, mangga manalagi, dan mangga golek

Jawaban:

Keanekaragaman Hayati Pada Jagung

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tanaman jagung. Para petani mengenal banyak sekali varietas jagung yang akan ditanamnya.

Jenis varietas yang dipilih biasanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan penanaman, karena setiap varietas memiliki ketahanan yang berbeda pada kondisi lingkungan yang berbeda. Beberapa contoh varietas tanaman jagung misalnya varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima dan lain sebagainya.

Keanekaragaman Hayati Pada Pisang

Tanaman pisang juga mengenal beberapa varietas akibat adanya keanekaragaman hayati tingkat gen pada spesies Mus paradisiaca ini, kita mungkin mengenal adanya pisang dengan nama dan jenis yang beragam mulai dari pisang manado, pisang kepokm pisang muli, pisang raja nangka, pisang lilin, pisang siem dan lain sebagainya. Masing-masing jenis pisang ini memiliki rasa dan bentuk buah yang berbeda begitupun dengan ciri morfologis tanamannya.

Keanekaragaman Hayati Pada Bunga Kertas “Bougenvil”

Bagi penyuka tanaman bunga pasti mengenal yang namanya bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas memiliki beragam varietas yang ditunjukan dengan perbedaan warna bunga, bentuk daun dan corak. Dengan teknik sambung atau okulasi varietas bunga kertas biasanya disambungkan sehingga dalam satu tanaman dapat tumbuh lebih dari satu warna bunga.

Penjelasan: